Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Luhut: Tamunya, Investor Besar dari China, Tak Dapat Hotel Saat ke Jakarta

Kompas.com - 16/12/2021, 15:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sebuah acara virtual, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan contoh membaiknya perekonomian Indonesia di masa pandemi. 

Ia bercerita, tamunya, investor besar asal China, tidak dapat hotel saat datang ke Jakarta

"Karena kemarin ada tamu kami dari Tiongkok, investor besar, itu enggak dapat hotel. Jadi, ini salah satu contoh yang kita lihat bagus," kata Luhut secara virtual, dikutip Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Luhut Berterima Kasih ke China atas Bantuan Selama Pandemi Covid-19

Keyakinan konsumen jelang Nataru meningkat

Hal ini menunjukkan indeks konsumen jelang Natal dan Tahun Baru 2022 mulai meningkat.

"Keyakinan konsumen pulih dengan cepat dan belanja masyarakat telah berada di atas tingkat sebelum pandemi. Ini saya rasa menggembirakan. Kalau Anda cek hotel di Jakarta sekarang, hampir penuh atau mungkin penuh," lanjut Luhut.

Baca juga: Diklaim Milik China, Natuna Simpan Cadangan Gas Raksasa

Luhut dalam acara tersebut kemudian kepada masyarakat agar memberikan pendapat yang positif untuk memajukan perekonomian, salah satunya dengan mendukung usaha penginapan atau hotel.

"Kasihkanlah feed back yang membangun, jangan feed back yang disruptif. Ini kita harus kompak, kalau kita satu tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan," imbau Luhut.

Baca juga: China Klaim Natuna Utara Miliknya, Tuntut RI Stop Pengeboran Migas

Bisnis perhotelan membaik jelang Nataru

Pemerintah telah memutuskan untuk tidak menerapkan PPKM Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru 2022. Hal ini sebagai upaya meningkatkan perekonomian, termasuk di sektor pariwisata yang berdampak positif terhadap penginapan.

Baca juga: Ini Ancaman Luhut untuk Orang yang Kabur Karantina Usai dari Luar Negeri

Beberapa waktu lalu, Ketua Bidang Pelatihan Sumber Daya Manusia Persatuan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Alexander Nayoan mengatakan, industri perhotelan akan fokus memaksimalkan potensi wisatawan lokal melalui inovasi bisnis perusahaan.

Ia menyebutkan, saat ini industri perhotelan tengah fokus menggarap bisnis work from hotel atau wisata singkat di penginapan yang biasa disebut staycation.

(Penulis Ade Miranti Karunia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com