Sri Mulyani: Jumlah Pengangguran Turun Jadi 9,1 Juta Jiwa

Kompas.com - 16/12/2021, 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan jumlah pengangguran sudah menurun. Ia menyebut hal itu berkat upaya pemerintah mengendalikan penyebaran virus Covid-19 beberapa bulan yang lalu.

Oleh karena itu, pemerintah masih tetap akan fokus terhadap penguatan sektor kesehatan agar mampu mencegah mutasi virus yang berkembang. Diharapkan tahun 2022, ekonomi RI tumbuh hingga 5,2 persen.

"Dengan pemulihan ini setidaknya kita melihat ada peningkatan dalam hal ketenagakerjaan. Adanya peningkatan pengangguran 7,07 persen pada Agustus tahun lalu, maka pengangguran sekarang menurun menjadi 6,19 persen atau 9,1 juta jiwa," ucapnya secara virtual dalam Indonesia Economic Prospects (IEP) Green Horizon Bank Dunia, Kamis (16/12/2021).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Duia itu mengatakan ada 2,1 juta lapangan pekerjaan baru yang mampu menyerap tenaga kerja. Berkat adanya pemulihan ekonomi disertai menurunnya angka pengangguran, ekonomi RI di kuartal IV diprediksi tumbuh antara 3,5-4,0 persen secara kuartalan.

Baca juga: Diterpa Sentimen Omicron, IHSG dan Rupiah Ditutup Melemah

Sri Mulyani memastikan pemerintah tidak hanya berfokus terhadap pemulihan ekonomi namun juga mampu mengurangi angka kemiskinan akibat pandemi Covid-19.

"Kita tidak mau sekadar pulih saja dalam hal indikator pertumbuhan ekonomi, tetapi kita juga mau memastikan bahwa bisa menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia ada sebanyak 9,1 juta orang per Agustus 2021. Jumlah itu turun sekitar 670.000 orang dari posisi per Agustus 2020 yang mencapai 9,77 juta orang.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, penurunan tersebut sejalan dengan tingkat pengangguran terbuka secara nasional yang turun dari 7,07 persen di Agustus 2020 menjadi sebesar 6,49 persen per Agustus 2021.

Baca juga: Sri Mulyani: 55 Persen BUMN yang Disuntik Modal Punya Utang Jumbo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.