Melonjak 61,8 Persen, Transaksi Uang Elektronik Capai Rp 31,3 Triliun

Kompas.com - 16/12/2021, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang pesat di masa pandemi Covid-19. Hal ini seiring meningkatnya gaya hidup masyarakat dalam belanja secara daring.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hingga November 2021, nilai transaksi uang elektronik tercatat mencapai Rp 31,3 triliun.

"Pada November 2021, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 61,82 persen (secara tahunan)," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Selain itu, BI juga mencatat nilai transaksi digital banking mencapai Rp 3.877,3 triliun. Nilai transaksi digital banking tersebut meningkat 47,08 persen secara tahunan.

Baca juga: Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia 2021 Tumbuh 3,7 Persen

Nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debet, dan kartu kredit juga naik 8,39 persen menjadi sebesar Rp 674,9 triliun.

Adapun dari sisi tunai, uang kartal yang diedarkan pada November 2021 meningkat 7,81 persen menjadi mencapai Rp 867,8 triliun.

Perry mengatakan, BI akan terus memperluas digitalisasi sistem pembayaran untuk mempercepat integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, termasuk untuk mendorong ekonomi-keuangan inklusif dan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, akan terus menjaga kelancaran dan keandalan sistem pembayaran serta mendukung program pemerintah melalui koordinasi dan monitoring uji coba digitalisasi bantuan sosial (bansos) 4.0, transaksi keuangan pemerintah daerah, dan elektronifikasi moda transportasi.

"BI melakukan digitalisasi pengelolaan uang rupiah pada layanan kas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan aman dan nyaman di era kenormalan baru dan memastikan ketersediaan uang yang beredar di seluruh wilayah Indonesia," pungkas Perry.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Bogor, Harga Mulai Rp 99 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.