Ini Alasan BTPN Syariah Terus Genjot Pembiayaan ke Segmen Ultra Mikro

Kompas.com - 16/12/2021, 20:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Syariah Tbk masih akan fokus dan terus menggenjot pada penyaluran pembiayaan ke segmen ultra mikro. Sebab di segmen ini, banyak kaum perempuan yang memang menjadi target pasar perseroan.

Business Planning & Assurance Head BTPN Syariah Dewi Nuzulianti mengatakan, perempuan memiliki peran yang signifikan, bahkan posisi perempuan saat ini banyak memengaruhi keputusan–keputusan penting di dunia.

Dewi menuturkan, menjadi perempuan pun bukan hambatan untuk bisa produktif dan saling memberdayakan.

"Dengan potensi mereka menjadi produktif memiliki dampak yang signifikan yang mampu menopang ekonomi di Indonesia. Mengapa BTPN Syariah memilih perempuan inklusi untuk diberdayakan, karena BTPN Syariah percaya bahwa masyarakat dari segmen manapun berhak atas kehidupan yang lebih baik, termasuk segmen perempuan inklusi," ujarnya dalam Media Breafing Women Empower Women, di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: IFG Life Terima Tongkat Estafet Polis Jiwasraya, Manajemen Siapkan Customer Center

Dewi mengklaim, dalam perjalanannya selama lebih dari satu dekade, BTPN Syariah merupakan satu-satunya Bank Umum Syariah yang fokus melayani para perempuan inklusi dari Aceh hingga Kupang.

Hingga saat ini sudah ada 4 juta perempuan inklusi aktif yang dilayani oleh BTPN Syariah di 23 provinsi, menjangkau 235.000 komunitas dan 2600 kabupaten.

Sementara itu, Komisaris Independen Dewi Pelitawati mengatakan, BTPN Syariah akan terus memberdayakan ibu-ibu.

Mengutip hasil riset, Dewi mengatakan, kesejahteraan akan terus meningkat jika dimulai dengan kesejahteraan ibu.

"Sebanyak 95 persen pegawai BTPN Syariah adalah perempuan dan kami adalah satu-satunya pemain di ultra mikro yang spesifik ingin terus memberdayakan perempuan," kata Dewi.

Apalagi Dewi juga menyebutkan, untuk menggapai nasabah ultra mikro, BTPN Syariah memiliki 9.000 community officer sebagai ujung tombak bisnis yang 99 persen pegawainya adalah perempuan.

Baca juga: Potensi Budidaya Perikanan Masih Sangat Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.