Kasus Perdana Omicron Bayangi Pergerakan IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 17/12/2021, 07:20 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada Jumat (17/12/2021). IHSG Kamis (16/12/2021) ditutup negatif di level 6.594,79 atau turun 31,45 poin (0,47 persen).

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal candlestick membentuk long black body breakdown support kuat MA50 dengan stochastic membentuk deadcross mengidikasikan potensi akan melanjutkan pelemahan.

Baca juga: Omicron Masuk Indonesia, Luhut Harap Masyarakat Tidak Panik

“IHSG diprediksi melemah. Pergerakan akan dibayangi kekhawatiran setelah diidentifikasinya kasus Covid-19, Omicron di Indonesia yang dikhawatirkan akan menyebar,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Dennies memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak resistance di level 6.693 hingga 6.643, support pada resistance 6.561 hingga 6.529.

Baca juga: Diterpa Sentimen Omicron, IHSG dan Rupiah Ditutup Melemah

IHSG berpeluang melemah

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, hari ini IHSG berpeluang melemah.

Dia bilang, dalam pertemuan RDG Bank Indonesia pada tanggal kemarin, menunjukkan kekhawatiran Bank Indonesia dari ketidakpastian dalam pasar keuangan global.

Baca juga: Menurut Gubernur The Fed, Ini 3 Ancaman Varian Omicron ke Ekonomi AS

Di sisi lain, BI juga tidak memberikan sebuah pandangan khusus terkait dengan potensi kenaikkan tingkat suku bunga The Fed tiga kali pada tahun depan, yang manakenaikan suku bunga ini akan merespons kenaikan dari inflasi Amerika yang cukup tinggi saat ini.

Baca juga: BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 Mencapai 4 Persen

“Kami cukup kecewa, karena Bank Indonesia sendiri tidak memberikan sebuah pandangan khusus terkait dengan rencana kenaikkan tingkat suku bunga The Fed sebanyak 3x pada tahun depan. Pelaku pasar dan investor justru menurut kami membutuhkan hal tersebut, sebagai bagian dari persiapan dalam menghadapi rencana kenaikkan tingkat suku bunga The Fed,” kata Maximilianus.

Maximilianus memprediksi IHSG hari ini berpeluang bergerak melemah terbatas pada level 6.525 – 6.660.

Baca juga: Istilah Baru Sistem Perdagangan di BEI: Apa Itu Mekanisme Pre-Opening, Pre-Closing, Random Closing, Market Order, Apa Tujuan dan Manfaatnya ?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.