Membandingkan Tarif Tol Bandung-Kertajati Vs Bandung-Soetta

Kompas.com - 17/12/2021, 11:12 WIB
Gerbang Tol Kertajati Utama Tol Akses BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. ANTARA/HO-ASTRA Tol CipaliGerbang Tol Kertajati Utama Tol Akses BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Jalan tol akses Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kabupaten Majalengka, akan dioperasikan pada 20 Desember 2021, setelah semua persyaratan terpenuhi.

Akses langsung dari tol ini diharapkan bisa mendongkrak jumlah penumpang pesawat yang terbang melalui bandara milik BUMD Pemrov Jabar ini. Sejak resmi beroperasi pada 2018 hingga saat ini, Bandara Kertajati dikenal sangat sepi penumpang.

Akses yang jauh dari Kota Bandung ditambah minimnya alternatif maskapai yang beroperasi, jadi penyebab utama Bandara Kertajati tak begitu menarik peminat.

Dibukanya akses tol langsung menuju Bandara Kertajati sesuai dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati.

Baca juga: Berapa Gaji YouTuber? Simak Perhitungannya

Dalam SK tersebut juga ditetapkan tarif kendaraan yang melintasi tol akses Bandara Kertajati sesuai dengan golongannya. 

Seperti diketahui, Bandara Kertajati diharapkan bisa menarik warga dari Kota Bandung yang merupakan kantong terbesar calon penumpang pesawat udara. Bandara ini juga diharapkan dapat menumbuh ekonomi di kawasan Cirebon, Patimban, Majalengka (Rebana).

Yang jadi masalah, jika sebelumnya masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya banyak mengandalkan Bandara Husain Sastranegara, warga Bandung kini juga banyak yang memilih terbang via Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang Banten. 

Tak bisa dipungkiri, Bandara Soetta adalah pesaing utama Bandara Kertajati setelah pemerintah memutuskan untuk mengalihkan sebagian penerbangan dari Bandara Husain Sastranegara. 

Baca juga: Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Selain jumlah rute dari maskapai penerbangan, masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya tentunya akan mempertimbangkan waktu tempuh dan biaya yang harus dikeluarkan menuju bandara. 

Berikut ini perbandingan tarif tol antara Bandung-Kertajati dengan tarif tol Bandung-Soetta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.