Erick Thohir: Petani Makmur, Indonesia Juga Makmur..

Kompas.com - 17/12/2021, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pihaknya akan terus melakukan sejumlah upaya dalam mendorong kesejahteraan petani.

Salah satu caranya dengan program agrosolusi dari PT Pupuk Indonesia (Persero), Makmur, yang diluncurkan pada Agustus 2021 di Subang, Jawa Barat, yang terus meluas ke berbagai wilayah di Indonesia.

Mantan bos Inter milan itu menilai program Makmur dibentuk hasil aspirasi para petani di lapangan.

Baca juga: Stafsus Erick Thohir Beberkan Manfaat Program Makmur Bagi Petani

"Setiap turun ke daerah di akhir pekan dan bertemu langsung dengan masyarakat, saya bisa langsung menangkap program apa saja yang tepat untuk diterapkan di masyarakat. Begitu juga saat bertemu dengan para petani," ujar Erick Thohir dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya yang dikutip, Jumat (17/12/2021).

Bagi Erick, petani merupakan pahlawan ketahanan pangan. Dengan menyejahterakan kehidupan petani, BUMN telah satu langkah lebih maju dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka berdaulat.

"Program Makmur menjadi ekosistem penghubung antara petani dan pihak-pihak yang dapat memberikan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilan petani. Petani makmur, Indonesia juga makmur," kata Erick Thohir.

Baca juga: Dorong Startup Lokal, Erick Thohir: Ayo, Mana Superhero Indonesia

Menteri BUMN itu menjelaskan, program Makmur merupakan sebuah terobosan yang dilakukan pemerintah dalam memperbesar pasar para petani. Program tersebut juga bentuk kolaborasi banyak pihak dalam membangun ekosistem yang terintegrasi bagi para petani.

Menurut dia, BUMN bersama swasta harus bergotong royong dalam membangun keseimbangan ekonomi.

"Kita BUMN coba jadi lokomotif, sama pihak swasta tidak bersaing. Kita sama-sama tidak mau jadi menara gading, tetapi sudah seyogyanya para petani ini kita pastikan kehidupannya lebih baik. Bismillah program Makmur ini kita coba gulirkan di beberapa daerah," tutup Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir: Tantangan Dunia seperti Film Marvel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.