BI: Ada Potensi Surplus Neraca Transaksi Berjalan pada 2021

Kompas.com - 17/12/2021, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melihat ada potensi surplus neraca transaksi berjalan pada tahun 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo memperkirakan, transaksi berjalan di tahun ini bisa surplus di kisaran 0,3 persen Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca juga: BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 Mencapai 4 Persen

Hanya saja, Perry tetap membuka kemungkinan bahwa neraca transaksi berjalan dapat kembali defisit. Namun, dalam hitungannya, defisit pun tergolong mini, yakni di kisaran 0,5 persen PDB.

Kinerja transaksi berjalan yang baik ini didorong oleh perkirakan perbaikan transaksi berjalan pada kuartal IV-2021. Hal tersebut didorong oleh surplus neraca perdagangan barang yang berlanjut.

Neraca perdagangan November 2021 mencatat surplus sebesar 3,5 miliar Dollar AS, didukung oleh kinerja ekspor komoditas utama seperti batubara, besi dan baja, dan kimia organik,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,50 Persen

Selain itu, surplus neraca perdagangan pada bulan lalu juga merupakan surplus ke 11 di sepanjang tahun berjalan.

Sayangnya, terdapat penyesuaian aliran modal asing di pasar keuangan domestik, yang tercermin dari investasi portofolio yang mencatat keluarnya arus modal asing (net outflow) sebesar 2,3 miliar Dollar AS pada periode Oktober 2021 hingga 14 Desember 2021.

Ke depan, Perry memperkirakan neraca transaksi berjalan pada tahun depan akan berpotensi mencetak defisit kecil di kisaran 1,1 persen PDB hingga 1,9 persen PDB. (Bidara Pink)

Baca juga: 21 Bulan RI Hadapi Pandemi Covid-19, BI: Krisis Jadi Pengingat Agar Kita Lebih Siap

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BI: Ada Potensi Surplus Neraca Transaksi Berjalan di Tahun 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.