Kompas.com - 18/12/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi pengertian media sosial adalah platform manusia saling berkomunikasi secara virtual. Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi pengertian media sosial adalah platform manusia saling berkomunikasi secara virtual.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial berkembang dengan sangat cepat satu dekade belakangan, mulai dari kemunculan Facebook. Namun pengertian media sosial sendiri ternyata jauh ke belakang sebelum itu.

Menurut Merriam Webster, pengertian media sosial adalah bentuk komunikasi elektronik seperti situs web untuk jejaring sosial dan microblogging di mana pengguna membuat komunitas online untuk berbagi informasi, ide, pesan pribadi, dan konten lainnya seperti video.

Dikutip dari situs online.maryville.edu, laporan Pew Research Center 2019 tentang penggunaan media sosial di Amerika Serikat menunjukkan 72 persen orang dewasa AS menggunakan beberapa bentuk media sosial. Angka ini melambung tinggi dari pada 2005 setelah Facebook setahun diluncurkan, hanya sekitar 5 persen.

Oleh karenanya, pengertian media sosial kini telah berevolusi dari pertukaran informasi elektronik langsung, ke tempat pertemuan virtual, ke platform ritel, hingga alat pemasaran abad ke-21 yang vital.

Baca juga: 10 Gaji Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi

Evolusi media sosial adalah telah didorong oleh dorongan manusia untuk berkomunikasi dan oleh kemajuan teknologi digital. Sejarah media sosial adalah kisah tentang membangun dan memelihara hubungan pribadi dalam skala besar.

Lalu bagaimana awalnya pengertian media sosial bisa terbentuk dan berevolusi seperti sekarang ini?

Sejarah media sosial

Berdasarkan situs online.maryville.edu, media sosial dimulai pada 24 Mei 1844 berupa serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf. Itulah saat Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf pertamanya kepada publik.

Akar komunikasi digital menunjuk asal usul internet modern dan pengertian media sosial saat ini dari kemunculan Advanced Research Projects Agency Network (Arpanet) pada 1969.

Baca juga: 7 Tahun Jadi YouTuber, Berapa Kisaran Penghasilan David GadgetIn Kini?

Jaringan digital ini dibuat oleh Departemen Pertahanan AS, memungkinkan para ilmuwan di empat universitas saling terhubung untuk berbagi perangkat lunak, perangkat keras, dan data lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.