Pengertian Ilmu Ekonomi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 18/12/2021, 09:21 WIB

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud ilmu ekonomi? Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala tingkah laku dan aktivitas manusia untuk mendapatkan sesuatu dengan sumber daya yang terbatas. 

Sederhananya dalam pengertian ilmu ekonomi, ilmu ekonomi adalah usaha dalam membuat barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dengan sumber daya yang terbatas. 

Pengertian ilmu ekonomi

Dikutip dari laman Departement of Economics University ot Buffalo, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang kelangkaan, pemanfaatan sumber daya, produksi barang dan jasa, pertumbuhan, pemenuhan kesejahteraan, dan sebagainya. 

Fokus yang dipelajari dalam ilmu ekonomi adalah penggunaan sumber daya yang seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil atau keuntungan sebesar-besarnya. 

Baca juga: Tujuan Dilaksanakan Sistem Ekonomi Gerakan Benteng

Istilah ilmu ekonomi adalah berasal dari Bahasa Yunani yakni “oikos” yang artinya keluarga atau rumah tangga dan “nomos” memiliki makna hukum atau peraturan yang berlaku.

Berikut ini beberapa pengertian ilmu ekonomi (apa yang dimaksud ilmu ekonomi) dari para ahli dikutip dari laman Gramedia:

1. Adam Smith

Sering disebut juga sebagai teori ekonomi klasik. Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi adalah sebagai cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya mengalokasikan berbagai sumber daya terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Mankiw

Mankiw berpendapat ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemahaman atas beragam potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi. Ilmu ekonomi adalah mempelajari bagaimana suatu individu kemudian saling berinteraksi satu sama lain.

3. John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari beragam seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Tak hanya itu menurut stuart ekonomi juga membahas berbagai kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

4. Alfred Marshall

Melalui bukunya yang berjudul The Principle of Economics, Alfred Marshall berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan pun kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.