Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OCBC NISP dan KG Media Cari UMKM Jagoan Lokal Lewat Program #ONPreneurship

Kompas.com - 18/12/2021, 11:01 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank OCBC NISP bersama KG Media menggelar program #ONPreneurship untuk mencari Jagoan Lokal yakni pelaku bisnis UMKM handal di berbagai daerah. Saat ini event tersebut telah sampai pada fase terakhir, yaitu Bootcamp.

Dari 1.500 Jagoan Lokal yang masuk, kini telah menyisakan 30 UMKM terpilih.

Dalam fase Bootcamp, para UMKM terpilih tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas Financial FIT, branding FIT, marketing FIT, dan digital FIT bersama dengan para coach berpengalaman.

Baca juga: Teten: Fintech Bisa Kurangi Kesenjangan Finansial UMKM

Bootcamp Financial FIT

Kelas Financial FIT bersama Jenny Hartanto, Executive Vice President National Network Head Bank OCBC NISP telah diadakan secara virtual pada Jumat, 3 Desember 2021 yang lalu mengangkat tema ‘Merencanakan Bisnis dengan Strategi 4 Sehat, 5 Sempurna’.

Dalam pemaparannya, Jenny menjabarkan pentingnya membuat business plan berdasarkan konsep ‘5E’ yang terdiri atas Eksplorasi, Elaborasi, Eksekusi, Evaluasi, dan Evolusi, dalam pengembangan bisnis, baik untuk skala kecil maupun skala besar.

Melalui konsep ini, Jenny menggambarkan bahwa membuat business plan ibarat membuat sebuah gedung. Untuk membuat gedung yang besar, tentu diperlukan fondasi yang kuat.

Agar para Jagoan Lokal dapat langsung menerapkan pembuatan business plan, tim OCBC NISP langsung memberikan contoh dan melaksanakan simulasi cara pembuatan business plan berdasarkan empat elemen utama, yaitu business goals, product, market research, dan budgeting.

Untuk meningkatkan pemahaman Jagoan Lokal mengenai ramalan bisnis, tim OCBC NISP kemudian memberikan simulasi mengenai cara menerapkan ramalan penjualan dengan metode pendekatan intuitif, berdasarkan bisnis serupa, waktu dan tren, serta lokasi dan pelanggan potensial.

Branding FIT

Setelah kelas Financial FIT, Jagoan Lokal kemudian mengikuti kelas Branding FIT bersama Creative Storyteller Handoko Hendroyono pada Selasa, 7 Desember 2021.

Dalam kelas Branding FIT, Handoko Hendroyono mengangkat tema "bercerita" untuk menjelaskan peran storytelling dan sharing dalam membangun brand dan memasarkan produk.

Handoko Hendroyono mengatakan bahwa dalam memasarkan produk, para pelaku bisnis jangan hanya fokus untuk sekadar menjelaskan keunggulan produknya, tetapi juga harus membuat narasi untuk menceritakan latar belakang produknya.

Baca juga: Menko Airlangga: UMKM Jadi Penyangga dalam Berbagai Krisis Ekonomi

 

“Cerita bukan akibat dari produk, tapi sebelum ada produk seharusnya sudah ada cerita yang ingin disampaikan,” jelas Handoko Hendroyono.

“Cerita-cerita yang sangat personal dapat menjadi kekuatan. Oleh karena itu, buatlah narasi yang kredibel, yang bisa dipercaya, sehingga dapat menjadi output yang dapat dijadikan intellectual property,” ucap Handoko Hendroyono.

Digital FIT

Setelah mengikuti kedua kelas tersebut, para Jagoan Lokal masih akan melanjutkan perjalanan mereka untuk menjadi UMKM Indonesia sehat dengan mengikuti kelas lainnya, yaitu Digital FIT dan Marketing FIT, serta semakin dekat dengan hadiah modal usaha sebesar Rp75 juta rupiah.

“Rangkaian program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat menjadi salah satu perwujudan komitmen Bank OCBC NISP untuk menghadirkan solusi perbankan dan non-perbankan atau beyond banking yang relevan bagi para pelaku UMKM," kata Jenny.

Dari sisi produk dan layanan, OCBC NISP terus berinovasi menghadirkan solusi pendanaan di antaranya Nyala Bisnis untuk pelaku usaha individu, TAYTB WOMEN Warriors untuk pelaku usaha wanita, pendanaan online KTA CashBiz, sampai dengan solusi cash management dan trade finance.

Sampai dengan September 2021, Bank OCBC NISP telah menyalurkan kredit senilai Rp18,5 Triliun untuk sektor UMKM,” tutup Jenny

Informasi lebih lanjut terkait program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal, bisa diklik di sini, atau Instagram @ONMelajuJauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com