Kompas.com - 18/12/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi lada putih dan lada hitam yang digiling sebagian. PEXELS/ PIXABAYIlustrasi lada putih dan lada hitam yang digiling sebagian.


JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia tercatat sebagai salah satu negara pengekspor lada terbesar di dunia. Lantas, mana saja negara tujuan ekspor lada Indonesia?

Buku Outlook Lada yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2020 mengungkap data ekspor lada dari Indonesia.

Data tersebut meliputi pula ekspor lada putih dari Indonesia dan ekspor lada hitam dari Indonesia ke sejumlah negara tujuan.

Baca juga: Ini Daftar Negara Penghasil Lada Terbesar di Dunia

Pada Tahun 2019, sebesar 21.452 ton atau 41,44 persen dari total volume ekspor lada Indonesia dalam bentuk segar dan olahan dikirim ke Vietnam sebagai negara tujuan ekspor utama.

Vietnam dan Indonesia sama-sama merupakan eksportir lada terbesar dunia. Namun tingginya ekspor Indonesia ke Vietnam menunjukkan bahwa pangsa pasar ke negara tersebut masih cukup terbuka.

Ini sekaligus menjadikan Vietnam masuk pada urutan pertama pada daftar negara tujuan ekspor lada Indonesia.

Negara tujuan ekspor lada Indonesia tertinggi berikutnya adalah China dengan volume ekspor hampir 7.000 ton (12,92 persen).

Baca juga: Kebun Lada Indonesia Terluas di Dunia, tapi Produksinya Kalah dari Vietnam

Pada tahun 2018 urutan kedua sebagai negara tujuan ekspor lada Indonesia adalah India. India sendiri merupakan salah satu negara pengekspor lada paling banyak di pasar internasional.

Namun pada tahun 2019 India menempati urutan ketiga sebagai tujuan ekspor Indonesia, tergeser oleh China. Hal ini menunjukkan bahwa China berpotensi sebagai salah satu pangsa pasar ekspor lada Indonesia.

Pangsa ekspor lada Indonesia juga terbuka ke Amerika Serikat (AS), sementara perdagangan lada dunia terpusat di tiga pasar utama yaitu Singapura, London dan New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.