Pengertian dan Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Kompas.com - 18/12/2021, 18:45 WIB
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya. Simak tulisan berikut ini tujuan mempelajari ilmu ekonomi.

Sadono Sukirno menyatakan ilmu ekonomi adalah menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya alam dan manusia.

Pernyataan Albert L. Meyers, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan serta sebagai pemuas akan kebutuhan manusia tersebut

Secara global bisa dikatakan, iIlmu ekonomi yaitu ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat akan bertingkah laku untuk mencukupi segala keperluannya dengan pilihan sumber daya yang terbatas dan tidak sebanding dengan kebutuhannya yang tidak terbatas.

Baca juga: Contoh dan Kelebihan Sistem Ekonomi Liberal

Pada dasarnya ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat dalam mengelola sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya agar bisa mencapai kemakmuran.

 

Ilmu ekonomi timbul karena kebutuhan manusia

Berdasarkan situs Investopedia, lmu ekonomi timbul karena kebutuhan masyarakat untuk memperhitungkan sumber daya, merencanakan masa depan, dan menukar serta mengalokasikan barang.

Seiring waktu, alat akuntansi dasar ini tumbuh menjadi model keuangan dengan kompleksitas yang meningkat, memadukan matematika yang diperlukan untuk menghitung bunga majemuk, dengan etika dan filosofi moral.

Ilmu ekonomi timbul karena kebutuhan akan suatu sistem untuk memahami dan mengendalikan dunia material dan mengurangi risiko muncul dan berkembang di seluruh dunia dengan cara yang terhuyung-huyung.

Baca juga: Ekonomi Liberal: Definisi dan Ciri-Cirinya

Berikut ini tujuan mempelajari ilmu ekonomi

Setelah memahami pengertian ilmu ekonomi dan ilmu ekonomi timbul karena, lalu apa tujuan mempelajari ilmu ekonomi?

Berikut ini tujuan mempelajari ilmu ekonomi dikutip dari modul Universitas Pamulang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi yang ditulis oleh Agung Tri, Ifa Nurmasari, dan Fahmi Susanti:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.