Kisah Pemuda Tang dan Fang, Masuk 10 Besar Anak Muda Terkaya Dunia gara-gara Aplikasi Pengiriman Makanannya Laris Manis Saat Pandemi

Kompas.com - 19/12/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi miliarder atau investor Thinkstockphotos.comIlustrasi miliarder atau investor

KOMPAS.com - Majalah Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2021. Dalam daftar tersebut, terselip 10 orang terkaya paling muda yang usianya masih di bawah 30 tahun.

Sumber kekayaan orang muda terkaya dunia tersebut bervariasi.  Ada yang dari bisnis farmasi, investasi, budidaya ikan, perumahan, cryptocurrency, hingga bisnis aplikasi pengiriman makanan.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya RI yang Makin Tajir Saat Pandemi, Pemilik Grup Djarum Masih Nomor Satu

 

Anak muda terkaya dunia ini berasal dari Amerika Serikat, China, Jerman, Irlandia, Norwegia, hingga Hong Kong.

Secara kolektif, kekayaan 10 orang terkaya paling muda ini tercatat mencapai 46,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 665,2 triliun (kurs Rp 14.367 per dollar AS).

Baca juga: Ini Sosok Ciliandra Fangiono, Jadi Pemuda Terkaya Indonesia gara-gara Warisan Bisnis Sawit Ayahnya

DoorCash

Menariknya, adalah cerita dua pemuda asal Amerika Serikat, yang berjaya dan makin tajir selama masa pandemi. Keduanya yakni Stanley Tang (29) dan Andy Fang (29).

Keduanya mendirikan aplikasi pengiriman makanan DoorDash yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat pada 2013 silam.

Tang memiliki sekitar 4 persen dari DoorDash, yang go public di New York Stock Exchange pada awal Desember 2020.

Saat ini kekayaan bersih Stanley Tang tercatat mencapai 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 28,7 triliun. Hal ini membuat Tang masuk dalam daftar orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021, urutan ke-9. 

Andy Fang di posisi ke-10 orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021. Saat ini total kekayaanya tercatat sebesar 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp28,7 triliun.

Selama pandemi Covid-19, pendapatan keduanya diperkirakan bertambah karena banyak pelanggan restoran yang beralih menggunakan jasa pesan antar makanan. 

(Penulis : Nur Jamal Shaid l Editor : Muhammad Idris)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.