Almarhum Harry Azhar Azis, Sosok Pejabat BPK yang Piawai Bidang Ekonomi dan Politik

Kompas.com - 19/12/2021, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis meninggal dunia pada usia 65 tahun di Jakarta, Sabtu (18/12/2021) kemarin. Ia merupakan pejabat BPK yang memiliki latar belakang ekonom dan politisi sekaligus.

Kabar meninggalnya Harry dikonfirmasi oleh Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK Selvia Vivi Devianti. Almarhum disemayamkan di rumah dinasnya di Jakarta.

Harry yang menjabat sebagai menjabat Anggota V atau Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, telah berkiprah cukup lama di BPK. Ia pernah menjabat sebagai Ketua BPK sepanjang Oktober 2014-April 2017.

Baca juga: Anggota BPK Harry Azhar Azis Meninggal Dunia

Kemudian Harry terpilih kembali di BPK sebagai Anggota VI BPK sepanjang April 2017-November 2021, lalu kembali dipilih berkarir di BPK sebagai Anggota V BPK dengan masa aktif hingga 2024.

Sebelum di BPK, Harry diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI bidang keuangan negara, perbankan, dan perencanaan pembangunan nasional, serta pernah menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran DPR RI.

Sebenarnya, Harry sudah malang melintang sebagai anggota parlemen dari Fraksi Partai Golkar sejak tahun 2004, yang kala itu menduduki posisi Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dan Anggota Komisi XI DPR RI.

Baca juga: Akrabnya Ahok dengan Ketua BPK Harry Azhar di Kantor Presiden...

Ia memiliki banyak pengalaman menjadi ketua maupun anggota panitia khusus (pansus) dan panitia kerja (panja) selama berkarir di Senayan.

Seperti menjadi Anggota Pansus RUU BPK di 2006, Ketua Pansus RUU Pajak Daerah/Retribusi Daerah sepanjang 2006-2008, serta Anggota Pansus Paket RUU Perpajakan (KUP, PPh dan PPn/BM) di 2005-2009.

Selain itu, menjadi Ketua Panja RUU Akuntan Publik dan Ketua Panja RUU Mata Uang sepanjang 2009-2010, Ketua Panja Inflasi dan Anggota Pansus RUU OJK di 2010-2011, hingga Ketua Panja RUU Piutang Negara dan Piutang Daerah di 2011-2014.

Sebelum di DPR RI, Harry lebih dulu berkiprah di MPR RI sejak 2001 sebagai Staf Ahli Fraksi Partai Golkar MPR RI, lalu menjadi Tim Ahli PAH II BP MPR RI di 2002, dan menjadi Anggota Komisi Konstitusi MPR RI di 2003.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.