Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan dan Pengertian Manajemen Pemasaran

Kompas.com - 19/12/2021, 17:55 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengertian manajemen pemasaran adalah salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Pasalnya, dengan adanya manajemen pemasaran maka produk bisnis bisa dikenal oleh konsumen.

Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Sifat dan tujuan apa itu manajemen pemasaran akan menjadi jauh lebih berorientasi pada konsumen dan jauh lebih sedikit berorientasi pada produk dan atau korporasi untuk keuntungan jangka panjang maksimum dari korporasi itu sendiri.

Pengertian manajemen pemasaran

Melansir dari digitalschoolofmarketing.com, Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, pengertian manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih dan mendapatkan pasar sasaran serta mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan komunikasi nilai pelanggan yang unggul.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Apa itu manajemen pemasaran adalah apa yang menginformasikan rencana pemasaran perusahaan melalui pemanfaatan pengetahuan pasar yang akurat. Hal ini biasanya diperoleh melalui penelitian dan survei dengan pendekatan yang sistematis.

Menyadari sepenuhnya pasar perusahaan saat ini, menetapkan tujuan dan target yang realistis, mengembangkan strategi penetrasi pasar baru, serta menerapkan rencana pemasaran yang efektif sesuai anggaran adalah bagian dari manajemen pemasaran.

Singkatnya, pengertian manajemen pemasaran adalah fungsi bisnis yang membuat dan mengembangkan strategi pemasaran suatu institusi. Manajemen pemasaran menggunakan alat-alat dari ekonomi serta strategi kompetitif untuk menganalisis konteks industri di mana perusahaan beroperasi.

Jika pemasaran adalah proses yang digunakan untuk mengatur produk atau layanan mana yang mungkin menarik pelanggan. Maka manajemen pemasaran adalah mengacu pada administrasi, pelacakan, dan peninjauan strategi pemasaran aktivitas, sumber daya, serta kampanye perusahaan.

Baca juga: Apa Kelebihan Pasar Monopoli?

Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.PEXELS/FAUXELS Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Apa itu manajemen pemasaran profesional memandu rencana pemasaran perusahaan menggunakan teknik seperti riset pasar dan survei. Singkatnya, tim manajemen pemasaran menyusun strategi dan kampanye pemasaran perusahaan.

Tugas manajemen pemasaran

Tanggung jawab utama seorang manajemen pemasaran adalah menetapkan tujuan dan sasaran pemasaran untuk perusahaan. Tujuan yang didefinisikan dengan jelas dapat meningkatkan efisiensi karyawan serta organisasi.

1. Segmentasi

Merupakan tantangan bagi perusahaan untuk merespon tuntutan pasar. Dengan demikian, fungsi lain yang dilakukan manajemen pemasaran adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen untuk memilih audiens sasaran.

Proses ini akan menjadi dasar pemasaran modern. Manajemen pemasaran strategis mengenai teknik dan kampanye pemasaran harus dilakukan sambil memastikan bahwa Anda mengingat audiens target.

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Ilustrasi pengertian manajemen pemasaran.Dok. Freepik Ilustrasi pengertian manajemen pemasaran.

2. Berkoordinasi dengan departemen lain

Untuk menjawab permintaan konsumen, manajer pemasaran perlu bekerja sama dengan departemen lain seperti keuangan dan SDM. Koordinasi ini diperlukan untuk kelancaran fungsi perusahaan.

3. Mengembangkan dan memelihara hubungan dengan pihak ketiga

Sangat penting bagi manajemen pemasaran untuk membangun serta memelihara hubungan dengan pihak ketiga seperti pemasok, lembaga pemerintah, dan konsultan lain seperti desainer grafis dan copywriter. Hal ini dapat memastikan bahwa strategi pemasaran serta perencanaan berjalan tanpa masalah.

4. Riset pasar

Riset pasar adalah salah satu tanggung jawab paling signifikan dari apa itu manajemen pemasaran. Riset pasar membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Bentuk penelitian ini melibatkan pengumpulan, analisis, serta interpretasi data, dan memberikan informasi penting kepada manajemen pemasaran yang membantu mereka membuat keputusan penting. 

Baca juga: Kelemahan dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

5. Mengontrol kegiatan pemasaran

Apa itu manajemen pemasaran harus berhasil mengontrol kegiatan pemasaran untuk memastikan keberhasilan kampanye pemasaran. Ini melibatkan penetapan standar, menilai kinerja kampanye, dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan.

Pada akhirnya, seorang manajemen pemasaran adalah pemimpin departemen pemasaran., Dengan demikian, perlu memiliki keterampilan kepemimpinan yang luar biasa di samping pengetahuan pemasaran yang unggul. 

Kesimpulannya, pengertian manajemen pemasaran adalah menemukan cara agar produk dan layanan perusahaan dapat memenuhi harapan konsumen. Apa itu manajemen pemasaran sangat dibutuhkan agar pemasaran perusahaan lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com