Kompas.com - 19/12/2021, 17:55 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Pengertian manajemen pemasaran adalah salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Pasalnya, dengan adanya manajemen pemasaran maka produk bisnis bisa dikenal oleh konsumen.

Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Sifat dan tujuan apa itu manajemen pemasaran akan menjadi jauh lebih berorientasi pada konsumen dan jauh lebih sedikit berorientasi pada produk dan atau korporasi untuk keuntungan jangka panjang maksimum dari korporasi itu sendiri.

Pengertian manajemen pemasaran

Melansir dari digitalschoolofmarketing.com, Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, pengertian manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih dan mendapatkan pasar sasaran serta mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan komunikasi nilai pelanggan yang unggul.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Apa itu manajemen pemasaran adalah apa yang menginformasikan rencana pemasaran perusahaan melalui pemanfaatan pengetahuan pasar yang akurat. Hal ini biasanya diperoleh melalui penelitian dan survei dengan pendekatan yang sistematis.

Menyadari sepenuhnya pasar perusahaan saat ini, menetapkan tujuan dan target yang realistis, mengembangkan strategi penetrasi pasar baru, serta menerapkan rencana pemasaran yang efektif sesuai anggaran adalah bagian dari manajemen pemasaran.

Singkatnya, pengertian manajemen pemasaran adalah fungsi bisnis yang membuat dan mengembangkan strategi pemasaran suatu institusi. Manajemen pemasaran menggunakan alat-alat dari ekonomi serta strategi kompetitif untuk menganalisis konteks industri di mana perusahaan beroperasi.

Jika pemasaran adalah proses yang digunakan untuk mengatur produk atau layanan mana yang mungkin menarik pelanggan. Maka manajemen pemasaran adalah mengacu pada administrasi, pelacakan, dan peninjauan strategi pemasaran aktivitas, sumber daya, serta kampanye perusahaan.

Baca juga: Apa Kelebihan Pasar Monopoli?

Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.PEXELS/FAUXELS Apa itu manajemen pemasaran adalah memiliki tanggung jawab langsung untuk menemukan area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Apa itu manajemen pemasaran profesional memandu rencana pemasaran perusahaan menggunakan teknik seperti riset pasar dan survei. Singkatnya, tim manajemen pemasaran menyusun strategi dan kampanye pemasaran perusahaan.

Tugas manajemen pemasaran

Tanggung jawab utama seorang manajemen pemasaran adalah menetapkan tujuan dan sasaran pemasaran untuk perusahaan. Tujuan yang didefinisikan dengan jelas dapat meningkatkan efisiensi karyawan serta organisasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.