Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Bukukan Pendapatan Rp 32 Triliun, Optimistis Mampu Bayar Utang

Kompas.com - 19/12/2021, 19:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN membukukan pendapatan sebesar 2,25 miliar dollar AS atau sekitar Rp 32,04 triliun (asumsi kurs Rp 14.243 per dollar AS) hingga kuartal III-2021.

Seiring dengan itu perusahaan mencatat laba operasi sebesar 326 juta dollar AS, sementara laba diatribusikan ke induk menjadi 286,2 juta dollar AS atau naik dibandingkan periode sama di tahun lalu yang sebesar 53,3 juta dollar AS.

Baca juga: PGN dan KAI Uji Coba LNG sebagai Bahan Bakar Kereta Api

Kinerja yang positif sepanjang 9 bulan terakhir itu, diyakini PGN dapat dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan sesuai Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), termasuk pemenuhan kewajiban pembayaran utang.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, konsolidasian PGN per 30 September 2021, tetap menunjukkan posisi keuangan yang masih baik, dengan total aset sebesar 7,54 miliar dollar AS, total liabilitas 4,25 miliar dollar AS, dan total ekuitas 3,29 miliar miliar dollar AS.

Baca juga: Gandeng SPHC, PGN Solution Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi di Jateng

Serta rasio lancar (perbandingan aset lancar dengan liabilitas jangka pendek) sebesar 2.24 kali, yang menunjukkan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya masih sangat baik.

"Rasio debt service PGN sebesar 2.69 kali, memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran bunga dan pokok pinjaman masih mencukupi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/12/2021).

Adapun tingkat leverage PGN yang dicerminkan oleh rasio debt to Equity (DER) per kuartal III-2021 sebesar 0,89 kali, nilai ini masih dibawah batas financial covenant yang disyaratkan oleh lender PGN yakni maksimal 2,33 kali.

Baca juga: PGN Teken Perjanjian Jual-Beli Gas dengan Sejumlah Produsen

Performa keuangan PGN sehat

Menurut Rachmat, hal tersebut menunjukan bahwa PGN masih dalam kondisi leverage yang baik, performance keuangan yang sehat sehingga jauh dari potensi rugi, serta cukup terbuka ruang pendanaan eksternal untuk pengembangan perusahaan.

Begitu juga dengan saldo kas Subholding Gas PT Pertamina (Persero) ini, per 30 September 2021 tercata sebesar 1,4 milliar dollar AS, yang diproyeksikan masih dapat memenuhi kewajiban pembayaran utang.

Baca juga: Sri Mulyani: 55 Persen BUMN yang Disuntik Modal Punya Utang Jumbo

Ia menambahkan, saat ini rating PGN dari Moodys adalah Baa2 dan dari Fitch BBB- dengan outlook stable, keduanya masih berada pada kategori investment grade.

Artinya Lembaga pemeringkat internasional menilai bahwa PGN masih memiliki tingkat kesehatan keuangan yang sangat baik dan diproyeksikan bisa memenuhi semua kewajiban-kewajibannya, pelunasan utang.

"Dengan kinerja yang baik dan kendali PGN yang berada satu tingkat di bawah Pertamina, hal ini tidak mempengaruhi kemampuan PGN dalam memenuhi kewajiban utang-utangnya, dan tidak akan mempengaruhi posisi keuangan Pertamina lebih lanjut," jelas Rachmat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com