Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Statistik, Perbedaan Statistik Deskriptif dan Inferensial

Kompas.com - 19/12/2021, 20:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa itu statistik adalah cabang matematika terapan yang melibatkan pengumpulan, deskripsi, analisis, dan penarikan kesimpulan dari data kuantitatif. Pengertian statistik dapat diterapkan di berbagai disiplin ilmu.

Berdasarkan situs Merriam Webster, pengertian statistika adalah cabang matematika yang berurusan dengan pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian massa data numerik.

Mengutip dari Investopedia, teori matematika di balik apa itu statistik adalah sangat bergantung pada kalkulus diferensial dan integral, aljabar linier, dan teori probabilitas.

Ahli statistik sangat berkepentingan dengan menentukan cara menarik kesimpulan yang dapat diandalkan tentang kelompok besar dan peristiwa umum dari perilaku dan karakteristik lain yang dapat diamati dari sampel kecil.

Baca juga: Kelemahan dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Dua bidang utama statistik dikenal sebagai statistik deskriptif yang menggambarkan sifat-sifat sampel dan data populasi, dan statistik inferensial yang menggunakan sifat-sifat itu untuk menguji hipotesis dan menarik kesimpulan.

Beberapa alat dan prosedur apa itu statistik umum meliputi:

  • Deskriptif
  • Rata-rata (mean atau average)
  • Perbedaan
  • Kecondongan
  • Kurtosis
  • Inferensial
  • Analisis regresi linier
  • Analisis varian (ANOVA)
  • Model logit atau probit
  • Pengujian hipotesis nol

Pengertian Statistik

Pengertian statistik digunakan di hampir semua disiplin ilmu seperti ilmu fisika dan sosial, serta dalam bisnis, humaniora, pemerintahan, dan manufaktur.

Apa itu statistik adalah cabang matematika terapan yang berkembang dari penerapan alat matematika termasuk kalkulus dan aljabar linier hingga teori probabilitas.

Baca juga: Contoh dan Kelebihan Sistem Ekonomi Liberal

Pengertian statistik adalah cabang matematika terapan.freepik.com/pch.vector Pengertian statistik adalah cabang matematika terapan.

Dalam praktiknya, statistik adalah gagasan yang dapat kita pelajari tentang sifat-sifat kumpulan besar objek atau peristiw dengan mempelajari karakteristik sejumlah kecil objek atau peristiwa serupa.

Pasalnya, dalam banyak kasus mengumpulkan data komprehensif tentang seluruh populasi terlalu mahal, sulit, atau tidak mungkin, statistik dimulai dengan sampel yang dapat diamati dengan mudah atau terjangkau.

Dua jenis metode statistik digunakan dalam menganalisis data, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Ahli statistik mengukur dan mengumpulkan data tentang individu atau elemen sampel, kemudian menganalisis data ini untuk menghasilkan statistik deskriptif.

Mereka kemudian dapat menggunakan karakteristik yang diamati dari data sampel, yang secara tepat disebut statistik, untuk membuat kesimpulan atau tebakan yang terdidik tentang karakteristik yang tidak terukur dari populasi yang lebih luas, yang dikenal sebagai parameter.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi Campuran dan Sejarahnya

Contoh apa itu statistik.Kompas.com/Alsadad Rudi Contoh apa itu statistik.

Pengertian statistik deskriptif

Pengrtian statistik deskriptif sebagian besar berfokus pada tendensi sentral, variabilitas, dan distribusi data sampel. Tendensi sentral berarti perkiraan karakteristik, elemen khas sampel atau populasi, dan mencakup statistik deskriptif seperti mean, median, dan modus.

Variabilitas mengacu pada satu set statistik yang menunjukkan berapa banyak perbedaan yang ada di antara elemen sampel atau populasi sepanjang karakteristik yang diukur dan mencakup metrik seperti rentang, varian, dan standar deviasi.

Distribusi mengacu pada keseluruhan bentu kata, yang dapat digambarkan pada bagan seperti histogram atau plot titik, dan mencakup properti seperti fungsi distribusi probabilitas, skewness, dan kurtosis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com