BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Taco Bell

Rayakan Anniversary Pertama, Taco Bell Indonesia Siap Ekspansi ke Berbagai Wilayah Indonesia

Kompas.com - 20/12/2021, 12:15 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Sheila Respati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa tahun terakhir, tren kuliner tengah mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Para pencinta kuliner di Indonesia pun semakin berani mengeksplorasi menu-menu makanan yang dari berbagai negara.

Perkembangan tren kuliner tersebut menjadi peluang bagi PT Fast Food Indonesia, untuk menghadirkan gerai makanan cepat saji, Taco Bell, di Indonesia.

Pada Desember 2020, gerai Taco Bell perdana di Indonesia resmi dibuka. Gerai tersebut berlokasi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, yang elit, strategis, serta menjadi pusat gaya hidup anak muda.

Chief Executive Officer (CEO) PT Fast Food Indonesia Eric Leong mengungkapkan, selama satu tahun terakhir, Taco Bell telah berhasil menjual setidaknya sekitar 150.000 potong taco, 77.000 burrito, 90.000 quesadilla, dan 8 ton nachos.

Ia juga mengatakan, Taco Bell Indonesia berhasil melewati tahun pertamanya meski menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah, khususnya akibat pandemi Covid-19.

“Besaran kuantitas tersebut menunjukkan bahwa Taco Bell cukup diterima masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan menu-menu kaya rasa seperti halnya panganan khas Meksiko,” kata Eric dalam konferensi pers Anniversary Taco Bell Indonesia yang diadakan di gerai Taco Bell Senopati, Sabtu.

Fakta penjualan tersebut semakin memantapkan pihaknya untuk melanjutkan rencana ekspansi yang lebih besar di Tanah Air. Pada Sabtu (27/11/2021), Taco Bell Indonesia pun secara resmi membuka restoran keduanya di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

“Kami sedang mendirikan tambahan dua gerai lagi di daerah Jalan Panjang dan Artha Gading. Kami juga siap untuk mendirikan lima gerai di wilayah pinggiran Jakarta maupun luar Pulau Jawa pada 2022, seperti Bali. Namun, kami akan melihat terlebih dahulu mengenai kondisi (pandemi Covid-19) ini,” ungkap Eric.

Sebagai informasi, Taco Bell pertama kali dibuka pada 1962 di California, Amerika Serikat (AS) oleh pengusaha kuliner, Glen Bell. Melalui restoran tersebut, Bell menghadirkan menu-menu yang terinspirasi dari masakan khas Meksiko dengan konsep cepat saji.

Baca juga: Perluas Jangkauan Pasar, Taco Bell Indonesia Buka Gerai Kedua di Kawasan PIK

Konsep inovatif tersebut mendulang kesuksesan. Kini, sudah ada 7.000 restoran Taco Bell di AS dan 600 restoran yang tersebar di 30 negara, termasuk Indonesia. Gerai Taco Bell di Indonesia terbilang penting karena merupakan bagian dari rencana ekspansi bisnis di kawasan Asia Pasifik.

Gerai pertama Taco Bell Indonesia yang terletak di Senopati, Jakarta Selatan.Kompas.com/Imalay Naomi L Gerai pertama Taco Bell Indonesia yang terletak di Senopati, Jakarta Selatan.

Hadir karena banyak permintaan masyarakat

Pada kesempatan sama, pencetus franchise Taco Bell Indonesia Sean Gelael juga bercerita mengenai latar belakang hadirnya Taco Bell di Indonesia.

Ia mengatakan, ide menghadirkan Taco Bell di Indonesia tidak hanya muncul dari perubahan kebiasaan berkuliner generasi Z yang sudah mulai terbiasa dengan makanan luar negeri. Menurutnya, banyak generasi Z yang mengharapkan kehadiran Taco Bell.

Senada dengan Sean, Chief Marketing Officer (CMO) PT Fast Food Indonesia Hendra Yuniarto mengatakan, pihaknya menemukan banyaknya permintaan dari masyarakat untuk menghadirkan Taco Bell di Indonesia.

“Pada 2019, kami mendapat searching keyword mengenai fast food yang diinginkan masyarakat. Hasilnya adalah Taco Bell. Inilah yang membuat kami percaya diri dari segi market dan rasa untuk ikut hadir di industri kuliner Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: Tawarkan Pengalaman Bersantap Baru, Gerai Pertama Taco Bell Resmi Hadir di Indonesia

Tak hanya menu-menunya yang berbeda dengan kebanyakan fast food, Taco Bell Indonesia juga menawarkan pengalaman bersantap baru bagi konsumen. Hal ini tercermin dari konsep yang diusung kedua gerainya.

Sean kembali menjelaskan, Taco Bell Indonesia didesain untuk memanjakan para konsumennya yang didominasi oleh generasi milenial dan Z. Meski demikian, menu-menu Taco Bell tetap dapat dinikmati semua kalangan.

Saat ini, Taco Bell Indonesia sudah membuka satu gerai lagi di Pantai Indah Kapuk (PIK). Kedua gerai Taco Bell, baik di Senopati maupun PIK memiliki banyak spot instagrammable.

Fasilitas seperti take-away counter, area duduk semi-outdoor, WiFi, dan area pengisian daya pun tersedia. Khusus gerai di PIK, Taco Bell menyediakan layanan drive-thru.

Selain itu, Taco Bell Indonesia juga mengusung konsep dapur terbuka alias open kitchen sehingga konsumen bisa melihat langsung saat pesanan disiapkan dan memastikan bahwa proses pembuatannya dikontrol dengan prosedur ketat.

Hal tersebut membuat konsumen dapat merasakan pengalaman menyantap fast food yang berbeda dari biasanya.

“Selain rasa yang nikmat, kami juga menyadari bahwa ambience menjadi alasan masyarakat memilih suatu tempat makan untuk mereka nikmati,” kata Sean.

Tak cukup mengedepankan rasa dan pengalaman yang menyenangkan, pihaknya pun mementingkan pelayanan dan kualitas produksi. Hal ini dilakukan agar Taco Bell Indonesia dapat dikenal, dinikmati, serta kembali dipilih menjadi makan favorit bagi siapa saja.

“Kami berharap Taco Bell Indonesia dapat menjadi dorongan dan warna baru dalam perkembangan industri kuliner di Indonesia,” tutur Sean.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Taco Bell Indonesia, Anda dapat mengunjungi website www.tacobell.co.id atau akun sosial media Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter @tacobellid.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com