Usai Merger, Pelindo Inbreng Saham Anak Usaha ke Subholding

Kompas.com - 20/12/2021, 15:25 WIB
Aktivitas di New Priok Container Terminal One (NPCT1). Dok. Pelindo IIAktivitas di New Priok Container Terminal One (NPCT1).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan inbreng atau pengalihan saham anak usaha eks Pelindo I-IV ke subholding. Hal ini sebagai tindak lanjut dari merger Pelindo I-IV menjadi Pelindo pada 1 Oktober 2021 lalu.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan, setelah merger Pelindo membentuk empat subholding di bawahnya untuk mengelola bisnis inti perusahaan. Masing-masing subholding ini menjadi induk bagi anak perusahaan eks Pelindo I-IV sesuai dengan lini bisnisnya.

Keempat subholding Pelindo yang telah dibentuk adalah PT Pelindo Terminal Petikemas guna melakukan pengelolaan klaster bisnis petikemas, dan PT Pelindo Multi Terminal guna melakukan pengelolaan klaster bisnis non petikemas.

Baca juga: Pelindo Resmi Merger, Erick Thohir: Pesan Presiden, Ini Juga Diikuti BUMN Lain

Lalu ada PT Pelindo Solusi Logistik guna melakukan pengelolaan klaster bisnis logistik dan pengembangan kawasan, serta PT Pelindo Jasa Maritim guna melakukan pengelolaan klaster bisnis marine, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya.

“Langkah selanjutnya dari penggabungan Pelindo ini adalah aksi korporasi inbreng milik Pelindo pada 20 anak perusahaan yang mengelola bisnis inti, kepada sub-holding,” ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/12/2021).

Hingga saat ini telah dilakukan pemberitahuan kepada pemegang saham minoritas, internal perusahaan dan publik, baik melalui kanal media internal perusahaan, maupun media massa pada Kamis, 2 Desember 2021.

Ali mengatakan, target untuk pelaksanaan inbreng saham kepada subholding yakni pada Januari 2022. Diharapkan pada kuartal II-2022, bisnis inti perusahaan pada masing-masing subholding telah tertata dengan baik sehingga dapat terkonsolidasi sesuai klaster bisnisnya.

“Dengan menginduknya anak-anak perusahaan tersebut ke dalam subholding, diharapkan masing-masing klaster bisnis dapat dikelola secara lebih fokus dan optimal untuk dapat mengejar target value creation dari pengabungan Pelindo hingga 2025,” ungkap Ali.

Baca juga: Pelindo Resmi Merger, Jokowi: Saya Sudah Tunggu-tunggu sejak 7 Tahun Lalu

Sebagai informasi, 20 anak perusahaan yang akan masuk ke dalam 4 subholding Pelindo, terdiri dari subholding Pelindo Multi Terminal akan mengelola PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk.

Kemudian subholding Pelindo Terminal Petikemas akan mengelola PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT Kaltim Kariangau Terminal, PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Terminal Petikemas Surabaya, dan PT Terminal Teluk Lamong.

Selanjutnya subholding Pelindo Solusi Logistik akan menjadi induk bagi PT Multi Terminal Indonesia, PT Nusantara Terminal Service, PT Prima Indonesia Logistik, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, dan PT Prima Pengembangan Kawasan.

Serta, subholding Pelindo Jasa Maritim akan membawahi PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pelindo Marine Service, PT Pengerukan Indonesia, dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

Baca juga: Merger Pelindo Jadi Strategi Tekan Biaya Logistik yang Mencekik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.