KILAS

Kisah Sukses ACK Fried Chicken, Bermula dari Usaha Sederhana sampai Jadi Bisnis Ayam Crispy Ternama di Bali

Kompas.com - 20/12/2021, 21:31 WIB
Menu ACK Fried Chicken. DOK. Humas ShopeePayMenu ACK Fried Chicken.

KOMPAS.com - Ayam betutu mungkin menjadi kuliner unggulan bagi wisatawan saat berkunjung ke Bali. Selain betutu, ayam crispy asli Bali juga merupakan salah satu hidangan yang wajib dicoba saat datang ke Denpasar.

Salah satu produk ayam crispy terkenal dan enak yang dicoba adalah Ayam Crispy Kriuk (ACK) Fried Chicken milik I Made Artana.

ACK Fried Chicken telah dikenal oleh masyarakat Bali serta wisatawan lokal maupun asing. Terbukti, bisnis lokal yang berdiri sejak 1 April 2015 itu sudah memiliki sekitar 200 outlet.

Founder ACK Fried Chicken I Made Artana bercerita bahwa sebelumnya ia memiliki pengalaman cukup banyak dalam industri makanan dan minuman cepat saji.

Baca juga: Restoran Cepat Saji Pertama di Dunia, Mampu Ubah Citra Hamburger

Lewat pengalaman tersebut, Artana kemudian membuat bisnis sederhana dengan menjual es krim, teh poci, sosis dan kentang pada 2005. Dia bahkan menciptakan inovasi mesin es sendiri berbekal pengetahuan yang dimilikinya.

“Perjalanan awal saya dimulai dari menjual es krim dengan mesin es portable, lalu ada juga teh poci, sosis, dan kentang,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/12/2021).

Tak berhenti di situ, pada 2013, Artana mulai menggeluti bisnis olahan ayam goreng crispy yang kemudian menjadi cikal bakal dari ACK Fried Chicken.

Sejak dibuka secara resmi pada 2015, ia mengaku hanya mempunyai satu toko. Namun, kini ACK milik Artana telah berkembang menjadi 218 outlet yang tersebar di seluruh Denpasar.

Baca juga: Resep Kulit Ayam Goreng Crispy Tahan Lama, Pakai Tepung Sagu

“Varian menu dari ACK banyak, tidak hanya crispy chicken, tapi ada pizza, dan menu lainnya. Harga yang kami tawarkan pun cukup terjangkau, sehingga banyak dari pembeli merasa puas dengan produk kami,” jelasnya.

Dengan keunikan yang dibawa, lanjut Artana, ACK Fried Chicken mampu merebut hati masyarakat lokal hingga digemari oleh banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke Pulau Dewata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.