IHSG Masih Beredar di Zona Merah? Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 21/12/2021, 07:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Selasa (21/12/2021), diproyeksikan bakal melanjutkan pelemahannya pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kemarin, IHSG ditutup turun 54,82 poin (0,83 persen) pada level 6.547,11.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal candlestick membentuk lower high dan lower low. MACD masih bergerak pada tren distribusi, yang mengindikasikan pelemahan terbatas.

“IHSG berpeluang melemah terbatas hari ini. Pergerakan masih akan dibayangi aksi The Fed yang akan mempercepat tapering,” kata Dennies dalam rekomenasinya.

Baca juga: Modal Rp 1 Juta, Investor Bisa Punya Saham di Restoran Dessert Ini

Dennies memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak resistance di level 6.599 hingga 6.573, dan support pada 6.527 hingga 6.507.

Hal senada disampaikan oleh Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus. Dia bilang, pergerakan IHSG dipengaruhi oleh kasus Covid-19 varian baru, Omicron..

“Pelaku pasar mencermati dampak dari varian Omicron terhadap prospek pemulihan ekonomi di tahun depan. Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak melemah dan ditradingkan pada 6.485 – 6.580,” kata Maximilianus.

Sementara itu, Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, saat ini pasar dalam kondisi jual jenuh, dan kecenderungan IHSG mengikuti pasar Asia.

"Hari ini IHSG akan uji support di level 6.480 yang menjadi penentu pola head and shoulders sebagai indikasi bearish atau kecenderungan untuk melemah. IHSG hari ini akan bergerak dalam range 6.481 – 6.700,” kata William.

Bagaimana dengan saham-saham yang bisa dicemati pada perdagangan hari ini?

Simak rekomendasi saham teknikal dari tiga perusahaan sekuritas ini:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.