Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Kini Bisa Bayar Transaksi hingga Tarik Tunai di ATM

Kompas.com - 21/12/2021, 09:42 WIB
Pegadaian KOMPAS/HERU SRI KUMOROPegadaian

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Pegadaian meluncurkan Kartu Emas Pegadaian. Ini merupakan kartu tabungan emas, yang dapat digunakan layaknya kartu kredit perbankan.

Kartu Emas Pegadaian dapat digunakan nasabah sebagai alat pembayaran transaksi baik secara fisik maupun online. Adapun nilai fasilitas setiap nasabah disesuaikan dengan saldo tabungan emas Pegadaian yang dimiliki.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, peluncuran Kartu Emas Pegadaian akan menambah manfaat atau keuntungan bagi para nasabah tabungan emas perusahaan.

Baca juga: Simak 2 Cara Buka Rekening BRI Online dengan Mudah

"Kalau biasa orang nabung emas ditaruh di rumah, terus disimpan, enggak ada nilainya, enggak ada manfaat lainnya, kecuali mungkin gain," ujar dia, dalam peluncuran Kartu Emas Pegadaian, Senin (20/12/2021).

Selain untuk pembayaran transaksi, Kuswiyoto menyebutkan, Kartu Emas Pegadaian juga dapat digunakan penggunanya untuk menarik uang tunai melalui ATM.

"Berarti nabung tabungan emas di Pegadaian akan fleksibel sekali untuk menggunakan dananya," kata dia.

Untuk memudahkan nasabah, pengajuan Kartu Emas Pegadaian dapat dilakukan secara daring melalui platform Pegadaian Digital. Dengan demikian, nasabah tabungan emas dapat mengajukan kartu tersebut hanya dengan menggunakan sebuah handphone.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto berharap, kolaborasi tersebut dapat mendukung upaya peningkatan inklusi keuangan nasional.

"Karena dengan cobranding ini masyarakat dapat mengakses produk dan jasa keuangan kartu kredit, sehingga dapat melakukan transaksi ataupun pembayaran melalui kartu kredit yang terhubung dengan Kartu Emas," tuturnya.

Selain itu, Kartu Emas Pegadaian berharap dapat membantu pertumbuhan bisnis kartu kredit bank dengan kode BBRI itu. Catur menargetkan 500.000 Kartu Emas Pegadaian dapat diluncurkan perseroan.

"Untuk kerja sama dengan Pegadaian, BRI memiliki optimisme. Karena customer based di tabungan emas sangat besar," ucap dia.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Pinjaman dan Bunga di Pegadaian Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.