Penumpang Buka Pintu Darurat, Citilink Minta Maaf Penerbangan Jakarta-Cepu Batal

Kompas.com - 21/12/2021, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Citilink meminta maaf karena batalnya penerbangan rute Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Bandara Ngloram, Cepu pada Senin (20/12/2021) kemarin. Hal ini membuat rute penerbangan dialihkan menjadi Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Juanda, Surabaya.

Baca juga: Mengenal SiLSafe 4000, Sistem Persinyalan Kereta Cikarang-Cikampek Berstandar Keamanan Tertinggi Karya Anak Bangsa

Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia Diah Suryani mengatakan, pembatalan penerbangan bernomor QG 1184 tersebut dikarenakan alasan teksnis, setelah salah satu penumpang mencoba membuka pintu darurat tanpa seizin kru pesawat saat proses boarding berlangsung.

Baca juga: Kata Citilink Soal Penumpang Iseng Buka Pintu Darurat, Penerbangan Halim-Ngloram Batal

Reroute ke Bandara Juanda Surabaya

"Citilink memohon maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang prima bagi seluruh penumpang," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (21/12/2021).

Ia mengatakan, untuk mengatasi kendala tersebut, Citilink pun memberikan opsi berupa pengalihan rute penerbangan (reroute) menjadi Jakarta-Surabaya dan akan dilanjutkan dengan jalur darat menuju Cepu.

Baca juga: Kemenhub Investigasi Citilink yang Mendarat Darurat karena Anak Kecil

Imbas penerbangan Jakarta-Cepu batal, penerbangan Cepu-Jakarta juga ditiadakan

Begitu pula sebaliknya, untuk penerbangan dari Cepu-Jakarta yang turut ditiadakan karena batalnya penerbangan dari Jakarta, penumpang jadi dialihkan ke rute penerbangan Surabaya-Jakarta.

Penumpang dari Cepu pun akan diantarkan ke Surabaya melalui jalur darat. Sebagai informasi, jarak dari Cepu menuju Surabaya memakan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan darat.

Sementara bagi penumpang yang memilih mengubah jadwal penerbangannya (reschedule) atau refund akan dikenakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Penumpang Iseng Buka Pintu Darurat, Pesawat Rute Jakarta-Blora Batal Terbang, Ini Ceritanya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.