Dorong Inovasi Pertanian, Pupuk Indonesia Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Kompas.com - 21/12/2021, 15:00 WIB
Jajaran Pupuk Indonesia dan Petrokimia Gresik foto bersama perwakilan distributor, usai melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB). Dok. Petrokimia GresikJajaran Pupuk Indonesia dan Petrokimia Gresik foto bersama perwakilan distributor, usai melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelar Fertinnovation Challenge 2021, ajang kompetisi riset pertanian. Kompetisi yang dimulai pada Oktober tahun ini, telah menetapkan sembilan tim pemenang dan tujuh karya prospektif.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto mengatakan, sebagai bentuk apresiasi kepada para finalis, Pupuk Indonesia telah menyiapkan total hadiah hadiah mencapai Rp 300 juta bagi para pemenang.

Selain itu, para finalis juga berkesempatan mendapatkan pembiayaan inkubasi riset hingga Rp 1,5 miliar dalam bentuk pengembangan ide riset, magang eksklusif, dan coaching.

“Pelaksanaan kompetisi riset pertanian Fertinnovation Challenge 2021 ini menjadi salah satu program Pupuk Indonesia yang saat ini tengah memfokuskan diri dalam bidang riset dan inovasi,” kata Nugroho dalam siaran pers, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Kapal Pengangkut Kebakaran, Pupuk Indonesia Jamin Distribusi Tetap Lancar

Gandeng generasi milenial

Nugroho menjelaskan, karena aktivitas riset dan inovasi merupakan salah satu pilar strategis dalam program transformasi bisnis, maka Pupuk Indonesia Group menggandeng generasi milenial dan civitas akademika dan universitas untuk menumbuhkan dan mengembangkan inovasi.

“Tahun 2021, menjadi tahun pertama kalinya kompetisi inovasi yang melibatkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini menyasar secara holistik inovasi pertanian dari sistem produksi pupuk, teknologi pertanian presisi bahkan juga aspek rantai nilai pertanian,” jelas dia.

Melalui Fertinnovation Challenge 2021, Nugroho berharap dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi yang positif antara industri dan akademisi ke depannya, serta dapat melahirkan sosok-sosok inspiratif, yang memberikan dampak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan Indonesia.

"Yang terpenting dari sebuah ide adalah bagaimana mengimplementasikan ide tersebut menjadi karya yang berdampak nyata," ujar Nugroho.

Baca juga: Pertahankan Kinerja di Tengah Pandemi, Pupuk Indonesia Raih Penghargaan The Best Company

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.