Bank Mandiri dan MIND ID Kerja Sama soal Skema National Pooling, Apa Itu?

Kompas.com - 21/12/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, Mining Industry Indonesia (MIND ID), terkait pengelolaan dana dan fasilitas kredit modal kerja.

Adapun pengelolaan dana yang dilakukan ialah melalui skema national pooling, yakni suatu skema pengelolaan dana perusahaan dalam satu grup, agar lebih efektif serta sebagai alat dalam monitoring likuiditas keuangan perusahaan dalam grup usaha.

"Solusi yang tepat untuk pengelolaan likuiditas keuangan grup usaha adalah dengan skema notional poling dengan beberapa keunggulan utama antara lain monitoring saldo konsolidasi secara harian, tidak terdapat perpindahan dana, mengurangi mis-match cash flow pada peserta pooling dan efisiensi," tutur Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan, dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Anies Diprotes Pengusaha, Asosiasi Buruh Pasang Badan

Layanan tersebut diyakini mampu menjadi jawaban antara perusahaan yang memiliki kebutuhan dana jangka pendek dengan perusahaan yang memiliki dana idle tanpa adanya perpindahan dana antar perusahaan dalam satu grup.

Selain layanan notional pooling, Panji mengatakan, untuk menjawab kebutuhan nasabah wholesale serta tantangan tren digitalisasi layanan perbankan, Bank Mandiri telah meluncurkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri, suatu platform khusus segmen wholesale dengan konsep layanan digital single access.

"Harapan kami ke depan, Bank Mandiri juga dapat tumbuh sejalan dengan perkembangan bisnis Grup MIND ID melalui sinergi BUMN dan tetap menjadi partner bank utama bagi MIND ID sebagai BUMN holding industri pertambangan Republik Indonesia," ujar Panji.

Sementara itu, Direktur Keuangan MIND ID Devi Pradnya berharap, kolaborasi dengan Bank Mandiri dapat mengoptimalisasi dan mengefisiensikan manajemen kas perusahaan.

"Serta meningkatkan sinergi, tidak hanya antar Grup MIND ID tetapi juga sinergi antar BUMN," ucap dia.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Bansos Rp 370,5 Triliun Hingga November 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.