Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Berharap Kawasan Industri Hijau RI Jadi yang Terbersar di Dunia

Kompas.com - 21/12/2021, 19:45 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Kawasan Industri Hijau Indonesia menjadi yang terbesar di dunia.

Kawasan yang terletak di Kalimantan Utara itu memiliki luas hingga 16.400 hektare (ha). Bahkan ke depannya Jokowi menargetkan luasan kawasan dapat mencapai 30.000 hektare (ha).

"Kita harapkan akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia," ujar Jokowi saat groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Luhut Ungkap Rumitnya Kembangkan Kawasan Industri Hijau di Kaltara

Kawasan tersebut nantinya akan digunakan untuk produksi sejumlah teknologi hijau. Antara lain sodium ion, lithium ion, semiconductor, petrochemical, green alumunium, dan solar panel.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta penjagaan terhadap kawasan tersebut. Hal itu ia perintahkan kepada kepala daerah serta jajaran kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif.

"Sehingga investasi betul-betul segera bisa melakukan percepatan pembangunan di sini," ungkap Jokowi.

Baca juga: Luhut Sebut Pengembangan Kawasan Industri Hijau di Kaltara Jadi Rezeki Boy Thohir

Selain itu, Jokowi juga meminta adanya percepatan perizinan di kawasan tersebut. Percepatan tersebut penting untuk menunjukkan keseriusan pemerintah membangun kawasan.

Kehadiran kawasan akan memberikan banyak manfaat bagi negara. Selain membuka lapangan kerja, industri tersebut juga akan memberikan pendapatan kepada negara.

Sebelumnya Staf Khusus Menko Maritim dan Investasi Firman Hidayat bilang nilai investasi di kawasan tersebut dapat mencapai 132 miliar Dollar AS. Industri tersebut akan memproduksi barang jadi di Indonesia. (Abdul Basith Bardan)

Baca juga: Jokowi Ingin Warga Desa Tak Hanya Jadi Penonton Dalam Kegiatan Ekonomi

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Jokowi Berharap Kawasan Industri Hijau Indonesia Jadi yang Terbesar di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com