Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Bukanlah Hal yang Mustahil

Kompas.com - 21/12/2021, 21:15 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kawasan industri hijau di Indonesia yang akan dibangun di atas lahan seluas 16.528 hektar di Kalimantan Utara ini akan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Tidak hanya sekadar kawasan industri hijau, tetapi juga akan menjadi kawasan residensial, bisnis, dan pariwisata dengan konsep modern dan tempat tinggal yang cerdas (smart living). Malah nilai investasi untuk proyek tersebut mencapai 130 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 1.859 triliun.

"Dunia perlu melihat bahwa menggerakkan roda perekonomian sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Now, we’re building it in Indonesia. Dengan konsep yang begitu modern tersebut, saya rasa bukan sebuah hal yang aneh ketika komitmen investasi di kawasan industri hijau ini sudah mencapai 130 miliar dollar AS," ucap Luhut lewat akun Instagram pribadinya, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Jokowi Berharap Kawasan Industri Hijau RI Jadi yang Terbersar di Dunia

Luhut bilang, apabila kawasan industri hijau ini mulai terbangun maka akan ada 100.000 tenaga kerja yang terserap.

"Belum lagi estimasi serapan tenaga kerja sebanyak 100.000 orang pada tahap konstruksinya, Anda bisa bayangkan betapa besar dampak kesejahteraan masyarakat terutama penduduk sekitar yang akan dihasilkan dari kawasan industri hijau ini," ucapnya.

Eks Menko Polhukam itu juga membayangkan, bila kawasan industri hijau ini terbangun, maka akan menjadi model kota yang patut ditiru di masa mendatang.

Baca juga: Luhut Sebut Pengembangan Kawasan Industri Hijau di Kaltara Jadi Rezeki Boy Thohir

"Apalagi jika kelak mutiara yang berkilau di kawasan sekaligus model percontohan kota masa depan yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan segala fasilitas yang menunjang peningkatan kualitas hidup manusia, bisa dinikmati oleh anak cucu kita tentunya bahagia sekali rasanya," kata dia.

"Sudah layak bukan jika saya katakan bahwa Indonesia akan menjadi super power dalam energi baru dan terbarukan?" tanya Luhut.

Lahan kawasan industri hijau di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan tersebut diketahui merupakan milik Ketua Konsorsium Indonesia Garibaldi Thohir atau biasa disapa Boy Thohir. Lahan ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara langsung, pada hari ini.

Baca juga: Luhut Ungkap Rumitnya Kembangkan Kawasan Industri Hijau di Kaltara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com