Kapan Momen yang Tepat untuk Investasi Properti?

Kompas.com - 21/12/2021, 21:25 WIB
Ilustrasi investasi properti Dok. Shutterstock (ShutterOK)Ilustrasi investasi properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa mengatakan, fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DPT) sangat membantu masyarakat yang sedang mencari hunian maupun berinvestasi properti.

Selama masih berlaku, insentif pemerintah ini merupakan kesempatan untuk segera membeli hunian, terutama jelang akhir tahun 2021. Lagipula, kata Darmadi, masa krisis di mana orang merasa khawatir untuk investasi justru menjadi momentum yang tepat untuk membeli properti.

"Investasi properti itu menarik tapi satu risikonya yaitu salah timing. Membeli saat market tinggi itu salah. Saat ini di masa krisis biasanya orang takut beli sesuatu dan kita ambil kesempatan, ini waktu yang tepat sekali," kata dia melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Tips Investasi Properti untuk Pemula

Membeli properti di saat pemerintah memberikan kemudahan juga akan menguntungkan karena pengembang sedang berlomba memberikan aneka diskon dan kemudahan cara bayar. Tidak heran, jika penjualan properti menunjukkan tren positif di saat hampir semua industri tertekan karena pandemi.

Situasi ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah pengembang properti, salah satunya Podomoro City Deli Medan, dengan menggenjot penjualan apartemen premium Tower Empire dan kondominium mewah bernama Tribeca Condominium yang sudah siap huni.

Darmadi menilai apartemen yang dihadirkan berada di kawasan terpadu Podomoro City Deli Medan yang merupakan proyek properti sangat prospektif karena menawarkan konsep one stop living, sehingga membuat penghuni dapat melakukan segala aktivitasnya di dalam satu kawasan yang sama.

Baca juga: Investasi Properti Cocok Dipilih meski Kantong Pas-pasan

"Investasi properti hunian vertikal berpotensi cuan karena menawarkan dua keuntungan melalui capital gain dan yield gain ketika hunian tersebut disewakan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Assistant Vice President Marketing Podomoro City Deli Medan Yenti Lokat mengatakan, sebagai pengembang pihaknya juga turut terbantu akan adanya insentif pemerintah berupa subsidi PPN.

"Kami bersyukur, pemerintah memberikan relaksasi berupa subsidi PPN pembelian hunian. Upaya ini dapat mendorong pemulihan sektor properti akibat pandemi. Insentif terhadap konsumen ini juga dirasakan oleh Podomoro City Deli Medan terutama Empire Tower dan Tribeca Condominium," ungkap Yenti.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Properti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.