Mulai 26 Desember, Tarif Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa Naik

Kompas.com - 21/12/2021, 21:40 WIB
Ilustrasi: Jalan tol ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.Ilustrasi: Jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tanggal 26 Desember 2021, Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa akan diberlakukan penyesuaian tarif. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1527/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR tersebut, penyesuaian tarif pada Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa mengalami kenaikan sebesar Rp 500 pada setiap golongan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Tol Indonesia (ATI) yang juga Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Krist Ade menjelaskan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan tiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

Baca juga: Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran Mulai 11 November 2021

Adapun penyesuaian tarif Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa berdasarkan pada inflasi periode Maret 2019-Agustus 2021, wilayah Tangerang sebesar 4,46 persen.

"Penyesuaian tarif itu penting bagi bisnis jalan tol karena merupakan bentuk pengembalian investasi. Selain itu, juga untuk memastikan layanan yang prima kepada pengguna jalan karena ada standar pelayanan minimal jalan tol yang harus dipenuhi," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (21/12/2021).

Krist menambahkan, selain untuk peningkatan layanan dan performa jalan, kenaikan tarif ini juga guna menjaga iklim investasi di Indonesia.

"Yang tak kalah penting adalah penyesuaian tarif ini untuk menjaga iklim investasi di Indonesia agar makin banyak investor yang mau berinvestasi di bisnis jalan tol. Sehingga anggaran pemerintah dapat fokus pada pembangunan dan perbaikan jalan nasional atau jalan desa, sehingga terwujud pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Bagus Cahya AB mengatakan, dengan tarif jalan tol yang disesuaikan tersebut Jasa Marga senantiasa memastikan kapasitas, serta meningkatkan kelancaran dalam bertransaksi sehingga tidak terjadi antrean di gerbang tol.

Sementara pada layanan kontruksi secara rutin dan berkala melakukan scrapping fillingoverlay (SFO) dan rekonstruksi pengerasan jalan. Di bidang layanan lalu lintas, dengan mengintegrasikan semua data dan informasi mengenai operasional jalan tol melalui Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) maka dapat menganalisa kondisi kepadatan di jalan tol.

Baca juga: Tarif Tol Trans-Sumatera Naik, Ini Biaya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar

Lalu, dapat mendeteksi dini gangguan lalu lintas dengan mengidentifikasi perubahan kecepatan kendaraan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta sebagai perantara dan penyebar informasi kepada pengguna jalan tol melalui VMS, Media Sosial dan Call Center 14080.

Berikut tarif Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa yang disesuaikan:

  • Tarif Kendaraan Golongan I: Rp 8.000 dari sebelumnya Rp 7.500;
  • Tarif Kendaraan Golongan II : Rp 12.000 dari sebelumnya Rp 11.500;
  • Tarif Kendaraan Golongan III: Rp 12.000 dari sebelumnya Rp 11.500;
  • Tarif Kendaraan Golongan IV: Rp 15.500 dari sebelumnya Rp 15.000;
  • Tarif Kendaraan Golongan V: Rp 15.500 dari sebelumnya Rp 15.000.

Baca juga: Rincian Tarif Tol Jakarta Bandung untuk Kendaraan Golongan I hingga V

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.