E-COMMERCE

Potret 3 Ibu Tangguh, Urus Keluarga Sambil Raih Mimpi bersama Shopee

Kompas.com - 22/12/2021, 07:47 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan zaman membuka berbagai kesempatan bagi para ibu untuk semakin berdikari sehingga dapat mengejar mimpi-mimpinya. Dengan memanfaatkan teknologi, mereka bisa menghasilkan uang sembari menjalankan perannya mengurus rumah tangga.

Hal itu dibuktikan oleh pengusaha fesyen muslim Sherin Hawadi. Perkenalannya dengan media sosial membuat ia bisa membangun Syaline Hijab. Bisnis fesyen muslim yang berdiri pada 2018 tersebut, ia jalankan di sela-sela mengurus rumah tangga dan profesi sebagai dokter gigi.

Menurut Sherin, menjadi seorang ibu harus siap siaga selama 24 jam penuh setiap hari. Meski begitu, bukan berarti ia meninggalkan mimpi-mimpinya.

“Membagi waktu menjadi dokter gigi, ibu, istri, dan pengusaha memang tidak mudah. Namun, kehadiran Shopee membantu saya buat bisa mengelola bisnis online lebih mudah. Jadi, saya bisa menjalankan berbagai peran dengan lebih baik. Anak pun tidak merasa ditinggal, justru ia merasa bangga dengan saya,” jelasnya.

Pemilik bisnis Syaline Hijab Sherin Hawadi bersama keluarga.Dok. Pribadi Pemilik bisnis Syaline Hijab Sherin Hawadi bersama keluarga.

Mengenai Syaline Hijab, Sherin menuturkan, bisnis tersebut didirikan karena ia kesulitan menemukan busana muslim yang modis. Akhirnya, ia mengajak sepupunya untuk mendirikan usaha sebagai solusi dari masalah tersebut.

Awal berdiri, penjualan produk Syaline Hijab masih dilakukan melalui media sosial. Namun, seiring waktu, banyak pelanggan mendorong Sherin untuk menjualnya melalui Shopee.

“Melihat banyak permintaan dari pelanggan, akhirnya saya memutuskan untuk membuka toko online Syaline Hijab di platform e-commerce itu pada 2019,” ujar Sherin.

Keputusan tersebut diakui Sherin tepat. Selain memudahkan pembeli dalam melakukan pemesanan, bergabung di Shopee juga berpengaruh terhadap tingkat penjualan.

“Meski sempat mengalami penurunan saat pandemi, Syaline Hijab tetap dicari. Kalau mendekati Lebaran dan hari-hari spesial, penjualan di Shopee meningkat. Sekarang, sudah ratusan sampai ribuan produk yang terjual setiap bulannya,” terangnya.

Pemilik bisnis minyak esensial Peek Me Naturals Arlin Chondro (kiri) bersama keluarga.Dok. Pribadi Pemilik bisnis minyak esensial Peek Me Naturals Arlin Chondro (kiri) bersama keluarga.

Berawal dari anak terkena asma

Kisah kurang lebih sama dialami Arlin Chondro. Menurutnya, walau sudah berumah tangga dan memiliki anak, seorang ibu masih tetap bisa berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.