Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Persiapan Jasa Marga Atasi Lonjakan Kendaraan Jelang Nataru 2022

Kompas.com - 22/12/2021, 14:45 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group berjalan maksimal selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menuturkan, untuk mengatasi lonjakan kendaraan yang meninggalkan Jakarta, pihaknya melakukan sejumlah antisipasi.

"Kami juga menghentikan sementara pekerjaan konstruksi yang berdampak pada kelancaran arus lalu lintas di jalan tol sesuai dengan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di tengah kondisi curah hujan yang tinggi seperti saat ini," kata dia melalui siaran persnya, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Puncak Arus Mudik Saat Nataru 2022 Diprediksi pada 24 Desember

"Jasa Marga juga melakukan upaya kuratif dan preventif genangan di jalan tol, di antaranya inspeksi dan pembersihan rutin, pengerukan kolam retensi dari sedimentasi dan sampah, penyiagaan pompa submersible, perkuatan tanggul di lokasi rawan genangan hingga pengembangan aplikasi early warning system dan pemasangan sensor deteksi ketinggian muka air," lanjutnya.

Selain kapasitas lajur, Jasa Marga juga memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di gerbang tol serta peningkatan layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader. Jasa Marga menyiagakan para petugas operasional yang telah divaksin penuh yang tergabung dalam tim satuan tugas (satgas) siaga Nataru dan penanggulangan kondisi darurat.

Baca juga: Jelang Nataru 648.669 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

"Dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas dan pengaturan operasional angkutan barang yang merupakan diskresi Kepolisian dan dilakukan secara situasional, Jasa Marga senantiasa mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian di lapangan dengan menyiagakan petugas pendukung dan rambu-rambu lalu lintas," kata Atika.

Pada periode Nataru ini, Jasa Marga juga akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Ruas Danowudu Bitung sepanjang 13,65 kilometer (km) yang akan dibuka mulai 23 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 pada pukul 06.00-18.00 WITA.

Jasa Marga memprediksi puncak arus kendaraan meninggalkan Jabotabek pada Jumat (24/12/2021) nanti akan meningkat 34,5 persen dari situasi normal periode November 2021.

"Sedangkan untuk arus kembali ke Jabotabek jatuh pada hari Minggu, 2 Januari 2022, dengan volume lalin meningkat 26,5 persen dari lalin normal periode November 2021. Prediksi baik untuk kendaraan yang meninggalkan maupun kembali ke Jabotabek paling terbesar adalah menuju/dari arah Timur yaitu arah Trans Jawa dan Bandung," sebutnya.

Sementara, untuk mengantisipasi potensi lonjakan pengunjung di rest area, General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business Meta Herlina menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pelaksanaan buka/tutup rest area serta tetap menerapkan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di rest area.

"Saat ini kami dalam tahap mempersiapkan pos layanan Nataru bersama Jasa Raharja untuk pengecekan tekanan ban dan layanan pengecekan kesehatan di sejumlah rest area di Jalan Tol Trans Jawa. Jasa Marga bersama Pertamina juga menyediakan lokasi cek antigen di Rest Area Km 575 A Jalan Tol Solo-Ngawi. Masih dengan Pertamina, kami juga menyediakan BBM Modular/Pertashop dan BBM Kemasan dengan Motoris," ujar Meta.

Baca juga: Ganjil Genap di Tol Saat Nataru Jadi Diterapkan? Ini Kata Kemenhub

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com