Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Negara yang Dipimpin Perempuan Kondisinya Lebih Baik Saat Covid-19

Kompas.com - 22/12/2021, 15:15 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat Indonesia tengah memeringati hari ibu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjukkan kekuatan perempuan yang menurutnya luar biasa.

Mengutip dari riset yang dilakukan oleh Universitas Liverpool, Sri Mulyani mengatakan, di tengah krisis yang dialami dunia akibat pandemi Covid-19, negara-negara yang dipimpin oleh perempuan menunjukkan kondisi yang lebih baik.

“Negara-negara yang dipimpin perempuan menunjukkan kondisi lebih baik. Ini beri tambahan perspektif, pentingnya perempuan dalam pembentukan kebijakan di level negara dan juga korporasi,” tutur Sri Mulyani, Rabu (22/12/2021), via video conference.

Baca juga: Sri Mulyani: Dampak Pandemi Lebih Besar Menghantam Perempuan

Sri Mulyani yakin, dengan melibatkan peran perempuan dalam pembentukan kebijakan, menyebabkan kualitas kebijakan menjadi lebih komprehensif.

Perempuan dipandang mampu memberikan suatu tambahan perspektif dan kesepmurnaan dari sisi melihat persoalan dan dampak dari kebijakan tersebut.

Baca juga: Pesan Sri Mulyani di Hari Ibu: Perbanyak Peran Perempuan Saat Ambil Keputusan

Sayangnya, kata dia, hingga saat ini masih belum terjadi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

Dari rilis OECD tahun 2020, Sri Mulyani mengutip adanya ketidaksetaraan tersebut, salah satunya dari sisi upah maupun gaji yang diterima oleh perempuan.

Selain itu, ketidaksetaraan juga terlihat dari lebih terbatasnya kesempatan yang bisa diambil oleh perempuan, bila dibandingkan dengan kesempatan untuk para laki-laki. (Bidara Pink)

Baca juga: Sri Mulyani: Butuh Hampir 100 Tahun untuk Menutup Gender Gap

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sri Mulyani: Negara yang Dipimpin Perempuan Kondisinya Lebih Baik Saat Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com