H-3 Jelang Natal, 938.141 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 23/12/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada H-3 jelang perayaan Natal, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 938.141 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi (Jabotabek), selama periode 17-22 Desember 2021.

Baca juga: Syarat Mudik Nataru Terbaru, untuk Bus AKAP dan Mobil Pribadi

Corporate Communication & Communication Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek tersebut melintasi Gerbang Tol Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama menuju Bandung.

Baca juga: Lama Karantina Dipertimbangkan Jadi 14 Hari, Menhub: Belanjanya di Indonesia Saja...

"Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,8 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 dengan total 870.371 kendaraan," kata dia melalui siaran persnya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Omicron Masuk Indonesia, Kemenhub: Prokes Semua Moda Transportasi Diawasi, Syarat Perjalanan Masih Sama

Sebanyak 432.320 kendaraan (46,1 persen) kendaraan kebanyakan menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung), kemudian 288.658 kendaraan (30,8 persen) menuju arah barat ke Merak, dan 217.163 kendaraan (23,1 persen) menuju arah selatan atau ke arah Puncak.

Baca juga: Mal, Resto, Tempat Wisata Tak Terapkan PeduliLindungi Akan Dicabut Izin Usahanya

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," imbaunya.

Baca juga: Kemenhub: Ganjil-Genap Berlaku Situasional Saat Libur Natal dan Tahun Baru, di Tol dan Jalan Nasional

 

Informasi terkini lalu lintas jalan tol

Mengetahui Informasi lalu lintas terkini serta permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol, kata Heru, pengendara bisa mengakses melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.

Sebagai informasi saja, untuk mengatasi lonjakan kendaraan yang meninggalkan Jakarta selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Jasa Marga mulai melakukan sejumlah antisipasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.