Apa yang Membedakan Hotel Bintang 1,2,3,4, dan 5?

Kompas.com - 24/12/2021, 08:29 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Saat seseorang ingin menginap di hotel, salah satu pertimbangannya adalah jumlah bintang pada hotel.  Setiap hotel memiliki bintang yang berbeda-beda.

Variasi bintang pada hotel umumnya adalah bintang 1, bintang 2, bintang 3, bintang 4, dan juga bintang 5. Secara sederhana, jumlah bintang hotel adalah penilaian terhadap fasilitas dan pelayanan dari sebuah hotel.

 Baca juga: Mulai Rp 6 Jutaan, Ini Daftar Tarif Karantina 10 Hari di Hotel Bintang Dua ke Atas

Dengan kata lain, semakin banyak bintang yang dimiliki sebuah hotel maka semakin baik dan lengkap pula fasilitas dan pelayanan yang disediakan hotel tersebut. Makin banyak bintang, lazimnya semakin mahal tarif menginapnya.  

Melansir situs Investopedia, sistem peringkat hotel menggunakan istilah bintang ini dirancang untuk mengukur kualitas hotel. Dengan demikian, tidak semua hotel bintang satu tidak layak ditinggali, hanya saja hotel ini menawarkan fasilitas dasar dan terbatas.

Penentu bintang pada hotel ini juga berbeda-beda pada setiap negara. Bahkan di AS, situs web memberikan bintang yang berbeda untuk hotel yang sama. Pasalnya, situs penyedia penyewaan hotel memiliki penilaian masing-masing terkait fasilitas dan akomodasi yang ditawarkan hotel.

Baca juga: Deretan 10 Negara Termiskin di Dunia

Di Eropa, terdapat lembaga pemerintah daerah dan organisasi independen yang menentukan peringkat bintang tiap hotel. Sementara di Amerika Serikat, bintang diberikan oleh berbagai kelompok yang berbeda seperti buku panduan perjalanan, asosiasi perjalanan konsumen, situs web, hingga agen perjalanan.

Meski berbeda-beda, tapi biasanya penentuan peringkat bintang pada hotel ini sebagai berikut:

Hotel Bintang 1

Hotel berbintang 1 ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang hanya sekedar butuh istirahat di malam hari. Hotel ini menawarkan kamar sederhana yang terdiri dari tempat tidur dan kamar mandi.

Hotel bintang 1 seringkali tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus berjalan ke luar hotel jika ingin membeli makanan atau minuman. Hotel juga tidak menawarkan fasilitas tambahan atau layanan khusus.

Baca juga: 10 Film dengan Modal Cekak Namun Untung Besar

Namun, hotel bintang 1 memberikan harga sewa yang jauh lebih murah. Hotel ini cocok bagi para traveller yang memiliki budget minim tapi ingin menjelajahi berbagai tempat dan hanya menjadikan hotel sebagai tempat tidur di malam hari.

Ilustrasi kamar hotel.PEXELS/PHOTOMIX COMPANY Ilustrasi kamar hotel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.