Buat Nasabah BRI, Tarif Transfer Antarbank Rp 2.500 Bisa di BRImo

Kompas.com - 24/12/2021, 12:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mulai mengimplementasikan sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment atau BI-Fast.

Rencananya, BRI akan menggunakan BI-Fast pada kanal digital perbankan, yakni BRImo dan Cash Management System (CMS).

Dengan diimplementasikannya sistem tersebut, nasabah BRI nantinya dapat menikmati layanan transfer antarbank dengan tarif sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Baca juga: Bank Anda Biaya Transfernya Belum Rp 2.500 Per 21 Desember? Tenang, 22 Bank Menyusul Masuk BI-Fast Januari 2022

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menjelaskan, saat ini sistem pembayaran tersebut tengah diuji coba terlebih dahulu oleh penerapaannya di internal perseroan.

Hal itu dilakukan oleh bank dengan kode emiten BBRI itu untuk memastikan operasional BI-Fast berjalan secara aman, cepat, dan efisien.

"BRI telah melakukan semua skenario test di fase industrial test bersama BI dan peserta BI-FAST tahap 1. Saat ini BBRI sedang melakukan internal testing lanjutan agar dapat menyesuaikan agenda live BI-FAST tahap 1," tutur dia, dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Berbarengan dengan uji coba internal, Handayani mengungkapkan BRI juga tengah melakukan finalisasi Standard Operating Procedure (SOP) sambil menunggu progress kenaikan success rate dan secara rutin mengevaluasi operasional BI-FAST demi terus meningkatkan kualitas layanan.

"BRI sedang melakukan finalisasi penyusunan SOP dan menunggu progress kenaikan success rate baik di Industri dan BRI sebesar 99,5 persen baik untuk incoming dan outgoing, serta melakukan evaluasi secara mingguan untuk gradual rollout ke nasabah," ucapnya.

Sebagai informasi, BI-Fast merupakan bauran kebijakan dari BI untuk menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Melalui BI-Fast, skema harga transaksi dapat ditekan dengan proses yang lebih cepat.

Adapun BRI tercatat sebagai salah satu dari 21 bank peserta BI-Fast tahap pertama.

Baca juga: Bank Mandiri Terapkan BI-Fast di Aplikasi Livin dan Kopra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.