Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pertamina Disewa Produsen Energi Terbesar Dunia

Kompas.com - 24/12/2021, 14:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina International Shipping (PIS) menyewakan kapal tanker MT Gamsunoro kepada produsen energi terbesar di dunia saat ini yakni Aramco Trading Company (ATC) dengan kontrak selama satu tahun.

Kontrak sewa kapal selama satu tahun tersebut dilakukan melalui anak usaha Pertamina International Shipping di Singapura yakni Pertamina International Shipping Pte Ltd.

Dalam siaran persnya, (Jumat (24/12/2021), Pertamina mengatakan bahwa Kapal MT Gamsunoro akan berlayar dengan rute charter Teluk Persia-Laut Merah (Persian Gulf-Red Sea)-Asia.

Sementara titik loading perdana dimulai dari Al Jubail Terminal pada 13-15 Desember 2021 dengan titik discharge di Ash Shuqaiq Terminal dengan durasi pengapalan sekitar 90 hari.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN, Nindya Karya Buka 2 Posisi Pekerjaan untuk Lulusan S1

Adapun rute pelayaran ini melewati area Laut Merah yang merupakan rute baru bagi PIS. Kapal MT Gamsunoro dikelola oleh Pertamina International Shipping dan sepenuhnya diawaki oleh 100 persen kru dari Indonesia.

Sebelumnya kata Pertamina, kapal tersebut juga melayani Top Five Biggest Oil Trading Company yaitu Trafigura.

"Kolaborasi penyewaan kapal antara PIS melalui PIS Pte Ltd dengan Aramco Trading Company merupakan tonggak sejarah baru dan milestone penting di dalam upaya PIS dalam mengembangkan market internasional dan menjadi Asia Leading Shipping Company," tulis Pertamina dalam siaran persnya.

Baca juga: Jadwal dan Tarif DAMRI Rute Jakarta-Banyuwangi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com