BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Transfer ke Luar Negeri Makin Gampang, Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelumnya

Kompas.com - 24/12/2021, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan mengirim uang ke luar negeri bukan lagi hal sulit di era digital seperti saat ini. Sebab, industri perbankan sudah menyediakan layanan khusus untuk kebutuhan tersebut, yakni outward remittance.

Untuk diketahui, outward remittance adalah layanan transfer uang dari dalam negeri (Indonesia) ke bank luar negeri dalam bentuk valuta asing (valas).

Layanan tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi ke luar negeri keuangan dalam waktu cepat. Bahkan, saat ini layanan tersebut juga bisa dilakukan melalui ponsel pintar (smartphone) ataupun laptop.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum melakukannya. Hal ini perlu jadi perhatian agar transaksi yang dilakukan #MakinLancar.

Baca juga: Layanan Outward Remittance dari Sektor Perbankan Mudahkan Aktivitas Transaksi Bisnis Impor

Perhatikan kurs mata uang asing

Sebelum mengirim uang ke luar negeri, hal penting yang harus dilakukan adalah mengecek nilai tukar mata uang. Ini karena uang yang Anda kirim secara otomatis akan dikonversi senilai kurs mata uang di negara tujuan.

Perlu diketahui, rate mata uang sifatnya dinamis sehingga nilainya dapat berubah-ubah setiap saat. Siasati juga dengan mencari layanan perbankan yang dapat memberikan rate yang kompetitif.

Pastikan nomor rekening tujuan tepat

Kegagalan dalam mentransfer uang ke luar negeri bisa saja disebabkan kesalahan dalam memasukkan nomor rekening tujuan.

Kesalahan seperti itu bisa terjadi akibat beberapa hal, mulai dari terburu-buru dalam menginput nomor hingga lupa menekan satu atau dua nomor.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Impor? Berikut 5 Langkah yang Mesti Dipersiapkan Pelaku Usaha

Untuk meminimalisasi kesalahan tersebut, pastikan nomor rekening tujuan tepat. Bila perlu, cek beberapa kali dengan mengonfirmasi pada pihak penerima.

Anda pun harus berhati-hati dalam memasukkan nomor rekening. Cocokkan antara angka yang tertera di layar dan nomor yang ditekan. Tak kalah penting, pastikan diri dalam kondisi tenang.

Ketahui biaya pengiriman

Biaya transfer ke luar negeri yang cukup tinggi biasanya menjadi salah satu beban tersendiri. Pasalnya, lembaga keuangan tradisional biasanya mengenakan biaya tambahan dan biaya tersembunyi.

Komponen biaya tambahan tersebut jarang disadari oleh pihak pengirim sampai transaksi selesai. Hal itu berpotensi terjadi karena kurangnya transparansi biaya.

Baca juga: Dear Orangtua, Berikut Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliahkan Anak ke Luar Negeri

Sebab itu, Anda harus cermat dan cari tahu terlebih dahulu biaya apa saja yang dikeluarkan untuk pengiriman uang. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih lembaga keuangan yang menerapkan prinsip transparansi.

Pilih layanan outward remittance yang simpel dan antiribet

Hal berikutnya yang wajib diperhatikan sebelum transfer uang ke luar negeri adalah memilih pemberi layanan outward remittance yang andal, cepat, simpel, tepercaya, dan enggak bikin ribet.

Adapun salah satu layanan outward remittance yang dapat dipilih adalah PT Bank Central Asia (Tbk) atau Bank BCA.

Bank BCA menyediakan fasilitas Remittance BCA, baik inward maupun outward. Anda yang yang ingin melakukan transfer ke luar negeri dapat memaksimalkan layanan Outward Remittance BCA.

Baca juga: Maksimalkan Peluang Bisnis Impor dengan 5 Langkah Ini

Selain dapat dilakukan di seluruh kantor BCA, kini Anda juga dapat melakukan transaksi Outward Remittance melalui KlikBCA Individual.

Sebagai informasi, KlikBCA Individual melayani transfer valas untuk 14 mata uang yang dapat ditujukan ke berbagai bank di seluruh dunia. Tak hanya itu Bank BCA memastikan kurs dan biaya kompetitif untuk nasabah.

Transaksi juga dapat dilakukan dengan fitur Value Today sehingga transaksi transfer valas Anda semakin lancar dan dapat diterima oleh bank penerima di hari yang sama pada saat valas dikirimkan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur transfer Full Amount. Dengan fitur ini, dana yang Anda kirim dapat diterima secara utuh.

Baca juga: Kembangkan Bisnis ke Kancah Global, Pengusaha Perlu Layanan Remittance yang Terpercaya

Adapun limit per transaksi minimal 100 dollar Amerika Serikat (AS) sampai 10.000 dollar AS.

Anda pun dapat menggunakan layanan kurs e-rate BCA, yakni kurs khusus yang dapat dinikmati pengguna e-Banking BCA ketika melakukan transaksi transfer.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati promo berupa cashback biaya telex setiap melakukan transfer valas melalui KlikBCA dengan sumber dana rupiah. Masukkan kode promo HUTBCA64 ketika anda bertransaksi melalui KlikBCA.

Sebagai informasi, promo cashback tersebut berlaku selama periode Maret-31 Desember 2021, selama kuota tersedia. Adapun maksimal cashback 5 kali biaya telex per bulan per nomor rekening. Cashback akan masuk ke rekening pengirim pada bulan berikutnya.

Baca juga: Manfaat Layanan Outward Remittance di Platform Internet Banking untuk Pengusaha

Dengan menggunakan KlikBCA Individual, Anda dapat mengirimkan uang ke luar negeri dari mana pun dan kapan pun tanpa perlu keluar kantor atau rumah.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.