Ini Rest Area yang Sediakan Layanan Kesehatan Selama Periode Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 26/12/2021, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Jasa Raharja berkomitmen untuk bersinergi dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol melalui Posko Siaga Layanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di sejumlah rest area jalan tol Jasa Marga Group.

Pelayanan yang diberikan berupa pengecekan tekanan ban dan pengisian nitrogen gratis, pengecekan kesehatan berupa cek tensi dan penyediaan obat-obatan ringan, serta penyediaan 6.000 goodie bag berisi makanan ringan untuk antisipasi jika pengguna jalan berada dalam kondisi kepadatan akibat lonjakan arus lalu lintas.

Periode pelaksanaan Posko Siaga Layanan Nataru Jasa Marga dan Jasa Raharja ini telah dimulai sejak 23 Desember hingga 2 Januari 2022.

"Melalui kerja sama dengan Jasa Raharja ini, diharapkan pelayanan yang diberikan oleh Jasa Marga di jalan tol dan rest area dapat terus ditingkatkan," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru melalui siaran persnya, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Naik Rp 500, Ini Tarif Tol Simpang Tomang-Tangerang-Cikupa

Untuk mendapatkan pelayanan tersebut, pengendara bisa mendatangi Rest Area Km 57 A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Km 207 A Jalan Tol Palimanan-Kanci, Km 147 A Jalan Tol Padaleunyi, Km 519 A Jalan Tol Solo-Ngawi dan Km 66 A Jalan Tol Pandaan-Malang.

Sementara untuk arus balik, layanan tersebut ada di Rest Area Km 62 B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Km 88 B Jalan Tol Cipularang, Km 208 B Jalan Tol Palimanan-Kanci, Km 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi dan Km 66 B Jalan Tol Pandaan-Malang.

Adapun hingga akhir November 2021, Jasa Marga mencatat 82 persen faktor penyebab kecelakaan sepanjang tahun ini di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga Group adalah faktor pengemudi, yang disusul dengan 17 persen faktor kendaraan dan 1 persen faktor jalan dan lingkungannya.

Faktor pengemudi yang paling mendominasi adalah akibat kurang antisipasi sebesar 52 persen dan akibat mengantuk sebesar 45 persen.

Baca juga: Langkah Erick Thohir Bongkar Pasang Direksi dan Komisaris 9 BUMN di Akhir Tahun

Kepala Divisi Pelayanan Jasa Raharja Haryo Pamungkas mengimbau kepada masyarakat yang tetap bepergian hendaknya tetap menjaga protokol kesehatan dan mengutamakan keselamatan dengan mempersiapkan fisik secara maksimal, cukup isitirahat dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Sebab menurut Haryo, momen hari raya dan liburan akan diikuti peningkatan mobilitas masyarakat yang berpotensi terhadap timbulnya kecelakaan.

"Jasa Raharja juga akan menempatkan personelnya di lima titik rest area baik pada arus mudik maupun arus balik, bekerja sama dengan Jasa Marga untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pengguna jalan tol saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Seperti menyediakan pos layanan kesehatan dan layanan pengecekan kendaraan seperti pengecekan tekanan ban gratis dan pengisian nitrogen secara cuma-cuma," pungkasnya.

Baca juga: Pekan Depan, BTN Terapkan Tarif Transfer Antarbank Rp 2.500 di Mobile Banking

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.