Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pulau yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 26/12/2021, 20:06 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Cadangan emas Indonesia terbesar berada di Pulau Papua. Meski begitu, Papua bukan satu-satunya pulau penyimpan cadangan emas Indonesia.

Berapa banyak cadangan emas Indonesia? Apakah Kalimantan daerah penghasil emas? Apakah Aceh Penghasil emas di Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu kerap bermunculan di kalangan pembaca mengenai pulau penghasil emas terbesar di Indonesia.

Baca juga: Daftar Negara yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Umum diketahui bahwa tambang emas terbesar di Indonesia terletak di Pulau Papua. Meski demikian, cadangan emas Indonesia di pulau lainnya juga masih tercatat begitu melimpah.

Betapa tidak, Indonesia memang menduduki posisi kelima sebagai pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Tak ayal, pertanyaan tentang daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah salah satu yang sering mencuat.

Indonesia memiliki jumlah cadangan emas sebesar 2.600 ton au atau setara dengan 5 persen dari total cadangan emas dunia.

Baca juga: Ini Daftar Daerah Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia

Data tersebut dikutip dari Booklet Emas yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 yang mengolah data USGS 2020.

"Indonesia memiliki cadangan emas 5 besar di dunia, artinya Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku emas dunia," tulis Booklet Emas Kementerian ESDM, dikutip Minggu (26/12/2021).

Sementara itu, dari buku yang sama terdapat data berbeda yang bersumber dari Badan Geologi terkait sumber daya dan cadangan emas Indonesia.

Baca juga: Jawa Masih Dominan, Ini Daftar 5 Provinsi Lumbung Padi RI

Dari data tersebut disebutkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya bijih emas mencapai 14,96 miliar ton, sumber daya logam emas sekitar 10.000 ton, cadangan bijih emas 3,56 miliar ton, dan cadangan logam emas 5.000 ton.

"Jumlah cadangan bijih emas Indonesia terbesar di Papua, yakni 52 persen," tulis Booklet Emas 2020 Kementerian ESDM tersebut.

Sedangkan Nusa Tenggara tercatat sebagai daerah yang memiliki sumber daya bijih emas terbesar di Indonesia dengan potensi mencapai 5 miliar ton emas.

Baca juga: Daftar 5 Provinsi Lumbung Padi Andalan RI di Luar Jawa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com