Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harga Pangan yang Melonjak di Akhir Tahun

Kompas.com - 26/12/2021, 20:15 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah harga pangan naik selama periode Natal dan tahun baru. Sebelumnya harga minyak goreng dam cabai mengalami lonjakan signifikan.

Tidak hanya dua komoditas itu, pedagang pasar menyebutkan ada sejumlah komoditas lain yang harganya ikut naik jelang akhir tahun.

"Minyak goreng, cabai rawit, telur, daging sapi, itu beberapa komoditas yang sangat tinggi harganya," ujar Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (26/12/2021).

Harga cabai rawit, kata Abdullah, telah mencapai Rp 100.000 per kilogram (kg). Selain itu, harga telur yang sempat anjlok kini melonjak hingga Rp 30.000 per kg.

Baca juga: 81.979 Pelamar Lolos Seleksi CPNS, Ini Langkah Selanjutnya yang Harus Dilakukan

Kenaikan harga minyak goreng dipicu oleh naiknya harga minyak sawit mentah (CPO) dunia sebagai bahan baku. Sementara komoditas lainnya mengalami penipisan stok.

"Persoalan utama dari kenaikan dan tingginya harga ada di stok," ungkap Abdullah.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menyebut kondisi curah hujan tinggi membuat harga cabai melonjak akibat faktor cuaca. Kondisi curah hujan tinggi membuat produktivitas turun.

Tingginya curah hujan akibat La Nina diprediksi akan mencapai puncaknya pada Januari 2022. Sementara musim panen raya akan dimulai pada Februari 2022 di sejumlah wilayah. (Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Daftar Negara yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tak Cuma Minyak Goreng dan Cabai, Ini Bahan Pangan yang Harganya Naik di Akhir Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com