Bandara Juanda Disiapkan untuk Melayani Kedatangan Pekerja Migran Indonesia

Kompas.com - 26/12/2021, 21:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, untuk meninjau Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih, Minggu (26/12/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, untuk meninjau Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih, Minggu (26/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan Bandara Internasional Juanda dan tempat karantina untuk melayani kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Tinjauan Menhub tersebut dalam rangka menindaklanjuti rencana pembukaan penerbangan internasional ke Bandara Juanda, khususnya bagi para PMI.

Hal ini dilakukan nuntuk mengantisipasi terjadinya kepadatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3.000-4.000 penumpang per hari.

Menurut Budi, sekitar 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Sekda, dan unsur terkait lainnya. Kita akan menyiapkan di (Bandara) Juanda ini seperti apa yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya melalui siaran persnya, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Ini Harga Pangan yang Melonjak di Akhir Tahun

Menhub juga meninjau kesiapan tempat karantina. Ia mengatakan dibutuhkan sekitar 1.500 kamar yang menampung sekitar 100-150 orang untuk melakukan karantina sepuluh hari.

Selain itu, Budi Karya juga meninjau Terminal Tipe A Purabaya untuk memastikan implementasi pengetatan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Ia mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah menyiapkan pos pelayanan vaksinasi dan tes antigen di Terminal Tipe A Purabaya.

"Perjalanan masyarakat harus dilayani dengan baik dan humanis, namun protokol kesehatan ketat harus diterapkan," kata dia

Sementara itu, Kakorlantas Firman Santyabudi menyampaikan pesan kepada masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik, terutama memastikan ketentuan untuk sudah vaksin dosis lengkap dan tes Antigen 1x24 jam.

"Terima kasih kepada masyarakat yang memilih merayakan Natal dan tahun baru dengan tidak ke mana-mana. Dan untuk yang masih memilih untuk melakukan perjalanan, tetap menjaga prokes ketat dan jangan lengah membuka masker khususnya di titik peristirahatan (rest area)," ucap Firman.

Baca juga: Menhub: Pergerakan Penumpang dan Barang di Pelabuhan Ketapang Relatif Datar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.