Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Sertifikat Vaksin dan Mencetaknya

Kompas.com - 26/12/2021, 22:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sertifikat vaksin adalah tanda bukti seseorang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Sertifikat vaksin ini sangat penting di kala pandemi. Bagaimana cara cek sertifikat vaksin Covid-19?

Pemerintah saat ini mewajibkan cek sertifikat vaksin sebagai syarat masuk fasilitas umum, berpergian, hingga gedung perkantoran. Dengan cara melihat sertifikat vaksin maka bisa diketahui pemiliknya sudah divaksin Covid-19 atau belum.

Cara cek sertifikat vaksin ada dua versi berbeda untuk vaksin 1 dan vaksin 2, tapi sama-sama memuat informasi yang sama yakni nama pemilik, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat vaksin, tanggal dan jenis vaksin, dan kode batang. Bagaimana cara melihat sertifikat vaksin?

Bagi yang sudah melakukan vaksin satu atau lengkap, baiknya segera mengunduh sertifikat vaksin agar mudah diakses saat diperlukan. Bahkan setelah di cek sertifikat vaksin bisa dicetak seukuran KTP agar mudah disimpan di dalam dompet atau saku.

Baca juga: Cara Cetak Kartu Keluarga Online dan Akta Lahir secara Mandiri

Cek sertifikat vaksin via pedulilindungi

Cara cek sertifikat vaksin ada beberapa macam, tapi umumnya melalui aplikasi atau situs resmi pedulilindungi. Cara melihat sertifikat vaksin pun hanya menggunakan NIK pemilik sertifikat.

Berikut cara cek sertifikat vaksin dikutip dari situs resmi covid19.go.id:

  • Buka situs resmi pedulilindungi
  • Isilah nama lengkap dan NIK pemilik cek sertifikat vaksin.
  • Centang kolom captcha "I'm not a robot"
  • Klik "Periksa" dan status vaksin COVID-19 akan muncul.

Perlu diketahui, sertifikat vaksin otomatis masuk ke sistem pedulilindungi jika sudah pernah di vaksin. Namun, jika masih belum ada di sistem saat dilakukan cara cek sertifikat vaksin, ada baiknya menunggu 7-10 hari setelah melakukan vaksin.

JIka sudah lebih dari 10 hari sertifikat vaksin masih belum muncul di sistem pedulilindungi ketika cara melihat sertivikat vaksin kembali, segera hubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga: Mau Daftar Nikah di Luar Negeri? Ini Prosedur dan Persyaratannya

fitur cara cek Sertifikat Vaksin di PedulilindungiPedulilindungi fitur cara cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Harap tidak mempublikasikan dengan sengaja atau tidak sengaja sertifikat pribadi atau milik orang lain saat setelah cek sertifikat vaksin dan cetak sertifikat vaksin.

Sebab, dalam sertifikat vaksin terdapat kode batang yang memuat informasi pribadi pemilik sertifikat vaksin dan dikhawatirkan akan disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Cetak sertifikat vaksin mandiri

Setelah cara cek sertifikat vaksin dan mengunduhnya, maka dapat di cetak sertifikat vaksin seukuran KTP. Hal ini agar memudahkan untuk di simpan di dompet atau saku, walaupun kini cara melihat sertifikat vaksin sudah mudah dengan aplikasi pedulilindungi.

Adapun cara cetak sertifikat vaksin sendiri melalui aplikasi atau situs pedulilindungi sebagai berikut:

  • Login di situs pedulilindungi.
  • Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
  • Klik profil di sudut kanan atas.
  • Langkah selanjutnya untuk cetak sertifikat vaksin, pilih sertifikat vaksin.
  • Klik menu Sertifikat Vaksin.
  • Halaman akan menampilkan sertifikat vaksin 1 dan 2.
  • Unduh sertifikat vaksin dengan klik pada gambar sertifikat yang ingin diunduh dan klik Unduh Sertifikat.
  • Untuk mencetak dan menyimpan sertivikat vaksin dalam bentuk PDF, klik sertifikat vaksin dan tekan ctrl+p.
  • Pada kolom Tujuan pilih Simpan sebagai PDF atau jika ingin cetak sertifikat vaksin pilih Microsoft Print to PDF di kolom Tujuan dan klik Cetak sertifikat vaksin
  • Bisa juga cetak sertifikat vaksin menggunakan ponsel di mana sertifikat harus sudah disimpan di ponsel agar bisa dikirim via email dan dicetak di PC atau laptop yang sudah terhubung mesin printer.
  • Baca juga: Gratis, Ini Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

Demikian cara cek sertifikat vaksin menggunakan situs dan aplikasi pedulilindungi. Setelah melakukan cara sertifikat vaksin sebaiknya segera cetak sertifikat vaksin agar mudah dibawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com