Imbau Berwisata Domestik, Luhut, Aman dari Omicron, Tak Kalah Cantik dengan Luar Negeri

Kompas.com - 27/12/2021, 10:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali mengimbau  masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal itu karena kasus konfirmasi virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang telah mencapai 46 kasus rata-rata berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

"Jika hanya ingin liburan, pergilah ke berbagai tempat wisata di domestik. Selain lebih aman dari serangan Omicron, tempat wisata domestik tidak kalah cantik dengan tempat wisata di luar negeri. Liburan di dalam negeri juga akan membantu mengakselerasi pemulihan ekonomi domestik," imbau Luhut secara virtual dalam evaluasi PPKM, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Pemerintah: Tidak Usah Pergi ke Luar Negeri kalau Tak Perlu!

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, hingga Minggu (26/12/2021), tingkat perawatan di rumah sakit dan angka kematian masih menunjukkan tanda-tanda yang cukup terkendali. Namun, pemerintah tetap hati-hati dan waspada.

Pemantauan terhadap data Covid-19 dilakukan secara ketat hingga level kabupaten kota.

"Sebagaimana saya sampaikan minggu lalu, pengetatan kegiatan masyarakat baru akan dilakukan ketika sudah melebihi threshold tertentu, dengan memperhatikan tidak hanya kasus harian, tetapi juga kasus perawatan RS dan kematian," ujarnya.

Pemerintah pun kata Luhut, akan terus memperkuat pengujian (testing) serta pelacakan (tracing) di Indonesia.

Menurut dia, pengujian dan pelacakan akan membantu pemerintah untuk mengidentifikasi potensi penyebaran orang yang terkena virus serta langsung dilakukan tindakan isolasi supaya tidak meluas.

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," kata dia.

Baca juga: Siap-siap, Pemerintah Bakal Perketat Karantina buat WNI dari Luar Negeri

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.