Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbau Berwisata Domestik, Luhut, Aman dari Omicron, Tak Kalah Cantik dengan Luar Negeri

Kompas.com - 27/12/2021, 10:24 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali mengimbau  masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal itu karena kasus konfirmasi virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang telah mencapai 46 kasus rata-rata berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

"Jika hanya ingin liburan, pergilah ke berbagai tempat wisata di domestik. Selain lebih aman dari serangan Omicron, tempat wisata domestik tidak kalah cantik dengan tempat wisata di luar negeri. Liburan di dalam negeri juga akan membantu mengakselerasi pemulihan ekonomi domestik," imbau Luhut secara virtual dalam evaluasi PPKM, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Pemerintah: Tidak Usah Pergi ke Luar Negeri kalau Tak Perlu!

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, hingga Minggu (26/12/2021), tingkat perawatan di rumah sakit dan angka kematian masih menunjukkan tanda-tanda yang cukup terkendali. Namun, pemerintah tetap hati-hati dan waspada.

Pemantauan terhadap data Covid-19 dilakukan secara ketat hingga level kabupaten kota.

"Sebagaimana saya sampaikan minggu lalu, pengetatan kegiatan masyarakat baru akan dilakukan ketika sudah melebihi threshold tertentu, dengan memperhatikan tidak hanya kasus harian, tetapi juga kasus perawatan RS dan kematian," ujarnya.

Pemerintah pun kata Luhut, akan terus memperkuat pengujian (testing) serta pelacakan (tracing) di Indonesia.

Menurut dia, pengujian dan pelacakan akan membantu pemerintah untuk mengidentifikasi potensi penyebaran orang yang terkena virus serta langsung dilakukan tindakan isolasi supaya tidak meluas.

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," kata dia.

Baca juga: Siap-siap, Pemerintah Bakal Perketat Karantina buat WNI dari Luar Negeri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com