BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Raih MMA Smarties Indonesia Awards 2021, TikTok Kukuhkan Dukungan kepada Brand di Bidang Pemasaran Mobile

Kompas.com - 27/12/2021, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Platform destinasi video singkat, TikTok, menunjukkan tajinya sebagai platform pemasaran online yang efektif di perangkat mobile.

Hal tersebut dibuktikan TikTok setelah mendapatkan penghargaan Publisher of the Year untuk kategori Industry Award dari Mobile Marketing Association (MMA) Smarties Indonesia Awards 2021.

Lewat ajang yang sama, aktivasi kampanye OCBC NISP dan Cimory yang ditayangkan lewat TikTok juga mendapatkan penghargaan Purposeful Marketing di kategori Gold dan Brand Experience in Rich Mobile Media di kategori Silver.

“Pencapaian tersebut semakin menegaskan TikTok sebagai platform yang mampu menghadirkan engagement tinggi dari kampanye berbagai perusahaan,” ujar Head of Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini dilansir dari laman newsroom.tiktok.com, Jumat (10/12/2021).

Melalui inovasi dan kepemimpinan di platform digital, TikTok mendukung dan memaksimalkan setiap aktivitas brand dalam melakukan kegiatan pemasaran secara kreatif melalui perangkat mobile.

Salah satu strategi TikTok untuk mendukung pemasaran modern, lanjut Sitaresti, adalah mendorong interaksi brand dengan konsumen lewat cara yang menyenangkan dan autentik.

“Penghargaan The Best Publisher semakin memotivasi kami untuk melengkapi layanan di aplikasi. Dengan demikian, mitra brand dapat menghadirkan engagement pemasaran secara efektif dalam format video pendek yang kreatif,” kata Sitaresti.

Sitaresti berharap, misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan dapat dirasakan para mitra brand dan agencies melalui fitur serta inovasi pemasaran di TikTok. Salah satunya adalah TikTok For Business.

Sebagai informasi, TikTok For Business merupakan platform dari TikTok untuk menciptakan konten yang membuat brand bisa terhubung langsung dengan banyak orang dan komunitas.

“Di dalam ekosistem TikTok yang unik, marketer dan pengiklan bisa menjangkau komunitas secara lebih luas dengan memadukan strategi, kreativitas, teknologi, dan storytelling yang autentik serta engaging. Dengan demikian, hasil bisnis pun terasa nyata melalui pemasaran di TikTok,” ujarnya.

Pencapaian positif para mitra brand

Pencapaian OCBC NISP dan Cimory pada ajang MMA Smarties Indonesia Awards 2021 tak lepas dari inovasi TikTok For Business.

Kolaborasi OCBC NISP dengan TikTok dapat dilihat lewat kampanye #Save20.

Pada kampanye tersebut, OCBC berhasil memperoleh engagement berupa video submission sebanyak lebih dari 900.000 dari pengguna TikTok serta peningkatan brand call hingga dua kali lipat.

Angka tersebut berhasil diraih dengan mengombinasikan fitur ads TikTok serta kreator konten.

Executive Vice President (EVP) Head of Marketing & Digital Communications OCBC NISP Amir Widjaya mengatakan bahwa saat ini, perilaku konsumen terus berubah seiring dengan tren yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini membuat OCBC NISP memutuskan untuk berkolaborasi dengan TikTok sebagai platform yang digandrungi milenial.

“Melalui kampanye #Save20 di TikTok, saya berharap generasi muda yang menjadi segmentasi potensial semakin menyadari pentingnya kebiasaan menabung dan bisa memulai kebiasaan baik tersebut mulai saat ini," ujar Amir.

TikTok raih penghargaan di Ajang MMA Smarties Indonesia Awards 2021. DOK. TikTok. TikTok raih penghargaan di Ajang MMA Smarties Indonesia Awards 2021.

Sementara itu, brand produk olahan susu, Cimory, berkolaborasi dengan TikTok menyelenggarakan kampanye #CucokCucuCimory. Kampanye tersebut berhasil mendorong penjualan produk susu ultra high temperature (UHT) serta menghasilkan return of investment (ROI) yang besar.

Pencapaian tersebut didapat berkat strategy gamification yang dihadirkan melalui ads feature TikTok serta gaya otentik dari para kreator konten yang terlibat. Tak disangka, kampanye tersebut berbuah penghargaan pula.

General Manager Marketing Cimory Sheila Aryyani merasa bangga atas penghargaan tersebut. Menurutnya, bekerja sama dengan TikTok untuk menyelenggarakan kampanye #CucokCucuCimory merupakan pengalaman yang membahagiakan.

Pasalnya, kampanye tersebut mampu meningkatkan penjualan sebesar 30 persen, menghasilkan ROI sebesar 3 kali lipat, serta memberikan brand experience berkesan pada konsumen

“Saya harap, Cimory dan TikTok bisa terus berkolaborasi dan memberikan dampak positif," ungkap Sheila.

Penilaian penghargaan MMA Smarties Indonesia Awards 2021

Country Head and Board of Director MMA Indonesia Shanti Tolani menjelaskan bahwa MMA Smarties Indonesia Awards 2021 memiliki empat pilar penilaian, yakni strategi, kreativitas, eksekusi, serta dampak bisnis.

Menurutnya, kualitas pendaftar yang masuk pada ajang MMA Smarties Indonesia Awards tahun ini merupakan bukti ketangguhan pemasar dalam menghasilkan karya yang baik dalam menghadapi tantangan besar.

“Saya senang melihat bagaimana pemasar akan terus mendobrak batasan dan membuat kampanye yang berdampak untuk meningkatkan brand dan industri secara keseluruhan,” tuturnya.

Dengan berbagai capaian tersebut, tak berlebihan kalau TikTok dinilai sebagai platform pemasaran online terbaik bagi para mitra brand. Terlebih, sudah ada TikTok For Business yang mampu jadi kendaraan pemasaran efektif bagi mitra brand untuk menjangkau konsumen dengan cara kreatif dan menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai TikTok For Business, Anda bisa mengunjungi laman www.tiktok.com/business/id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.