Kompas.com - 27/12/2021, 19:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Informasi seputar daftar negara penghasil emas terbesar di dunia, termasuk yang terkait negara penghasil emas terbesar di Asia Tenggara banyak dicari pembaca.

Pertanyaan terkait hal ini masih kerap muncul di kalangan pembaca yang penasaran tentang negara produsen emas terbesar di dunia, termasuk mengenai negara penghasil emas di ASEAN.

Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menyajikan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang negara penghasil emasdi dunia tersebut.

Baca juga: Ini Daftar Perusahaan Produsen Emas Terbesar di Indonesia

Mengutip data Booklet Emas yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 yang mengolah data USGS 2020, Australia menjadi negara dengan cadangan emas terbesar di dunia.

Per tahun 2019 saja, cadangan emas Australia mencapai 10.000 ton au. Angka tersebut setara dengan 20 persen dari total cadangan emas yang ada di dunia.

Ini artinya, negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia adalah Australia. Ini berarti pula bahwa Australia menjadi negara yang punya salah satu tambang emas terbesar di dunia.

Baca juga: Daftar Pulau yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Indonesia

Meski begitu, pada tahun yang sama produksi emas Australia bukan menjadi yang terbesar di dunia. Ini disebutkan dalam Booklet Emas Kementerian ESDM yang mengolah data Metals Focus pada tahun 2020.

Disebutkan dalam data tersebut, total produksi emas dunia sendiri pada tahun 2019 tercatat mencapai 4.812 ton au. Lantas, negara mana yang paling banyak menghasilkan emas?

Produksi emas China terbesar di dunia

China menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Capaian produksi emas China mencapai 420 ton au selama tahun 2019.

Baca juga: Daftar Negara yang Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Produksi emas China mengalahkan produksi emas Australia yang menempati urutan kedua pada daftar produsen emas terbesar di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.