"Mimpi dengan Mata Terbuka", Prinsip William Tanuwijaya Besarkan Tokopedia

Kompas.com - 28/12/2021, 13:09 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Tokopedia tak bisa dilepaskan dari William Tanuwijaya. Sosoknya mulai sering diperbincangkan setelah perusahaan rintisannya itu masuk sebagai salah satu unicorn Indonesia.

Flashback ke belakang, bukan hal yang mudah bagi William ketika membangun e-commerce yang memiliki logo berwarna hijau itu.

Baca juga: Profil William Tanuwijaya, Dulu Penjaga Warnet, Kini Bos Tokopedia

Sebelum berkecimpung di industri e-commerce, William ternyata pernah menjadi penjaga warung internet alias warnet di sekitar kampusnya dari pukul 21.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

"Mimpi dengan Mata Terbuka" menjadi salah satu pegangan hidupnya ketika membesarkan Tokopedia.

Baca juga: Belajar dari Kegagalan William Tanuwijaya, Founder dan CEO Tokopedia

Prinsip sederhana "Mimpi dengan Mata Terbuka"

Apabila Bung Karno memiliki pegangan hidup "Bermimpi Setinggi Langit", namun prinsipnya hanya sebatas "Bermimpi dengan Mata Terbuka".

"Aku belajar dalam proses membangun Tokopedia bahwa bermimpi setinggi langit yang dicita-citakan Bung Karno seperti apa, ternyata hanya sesederhana dengan mata yang terbuka, yaitu konsistensi," ujar William dalam wawancara khusus bersama Kompas.com dalam episode BEGINU S3E15, dikutip Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Induk GoTo Ganti Nama Jadi PT GoTo Gojek Tokopedia, Kenapa?

Menurutnya mimpi dengan mata terbuka dimaknai dengan ketika apa yang dipikirkan seseorang, diucapkan, dan dilakukan memang harus benar-benar konsisten.

"Kalau kita bermimpi dengan mata tertutup setiap hari, kita mimpi, habis kita bangun kita sudah lupa mimpi apa saja. Sementara kalau kita sudah pikirkan saja, dari mimpi berubah menjadi rencana dan rencana kita ucapkan akan berubah lagi menjadi komitmen," kata William.

Berkat konsistensinya inilah yang membuat William mampu mendirikan perusahaan unicorn tersebut hingga membuka lebih dari ratusan lapangan kerja baru bahkan membantu para UMKM untuk Go Digital agar bisa meningkatkan skala bisnisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.