Kompas.com - 28/12/2021, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatat, konsumsi BBM beroktan tinggi mengalami peningkatan yang signifikan di wilayah Jawa Bagian Barat selama masa libur Natal.

Peningkatan itu salah satunya terjadi pada BBM jenis Pertamax sebesar 17 persen pada 25 Desember 2021, dibandingkan konsumsi rata-rata normal harian.

Selain itu, peningkatan konsumsi BBM pada hari H perayaan Natal, juga terjadi pada jenis Pertamax Turbo sebesar 10 persen, Pertamina Dex naik 5 persen, dan Dexlite naik signfikan hingga 67 persen.

Baca juga: Aliansi Pekerja SPBU: Aneh, Gaji Karyawan Pertamina Sampai Rp 70 Juta tapi Masih Mogok Kerja

"Tingginya kebutuhan pengendara pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik," ujar Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021).

Menurutnya, tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian atau pun berlibur bersama keluarga yang menempuh perjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima.

Pertamax Turbo dengan research octane number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel menjamin pembakaran mesin kendaraan menjadi lebih optimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” terangnya.

Baca juga: Harga LPG Naik, Pertamina Bandingkan dengan Negara Tetangga

Seiring dengan tingginya konsumsi BBM di akhir tahun, Pertamina pun telah menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama dan wisata wilayah Jawa Bagian Barat.

Serta memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan menyiagakan 53 unit mobile dispenser yang tersebar di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Tujuannya mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU, ketika tangki SPBU mulai kosong, sehingga stok BBM dapat terjaga.

Selain memastikan kesiapan stok, lanjut Eko, Pertamina juga terus berupaya menjaga kebersihan SPBU dan menjalankan protokol pencegahan Covid-19 di area SPBU.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berkendara dengan aman, tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Naikkan Harga LPG Nonsubsidi, Ini Dalih Pertamina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.