Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Stok BBM Pertamina Jelang Tahun Baru 2022

Kompas.com - 28/12/2021, 18:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina terus melakukan pengamanan stok bahan bakar minyak (BBM) di seluruh rantai distribusi jelang tahun baru. Lantas bagaimana stok BBM jelang tahun baru?

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyebut stok BBM nasional jenis Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, dan Premium (gasoline) berada di atas 20 hari.

Sedangkan stok jenis Solar, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex (gasoil) berada di atas 18 hari. Sementara itu, stok Avtur mencapai 36 hari.

“Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi BBM mulai dari kilang hingga TBBM dan SPBU yang siaga 24 jam,” ujar Fajriyah dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno Targetkan Jumlah Wisatawan Asing Capai 3,6 Juta Tahun Depan

Selama periode libur Natal dan tahun baru, Pertamina menyiagakan satgas yang siaga di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi permintaan BBM jenis gasoline yang diperkirakan naik 6 persen dan permintaan gasoil naik sebesar 1,4 persen.

Selain itu, Pertamina juga meningkatkan pengawasan distribusi BBM nasional dengan menggunakan teknologi digital. Seluruh proses distribusi BBM dapat dipantau secara langsung melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU.

“Seluruh stok BBM di setiap wilayah dan SPBU dapat dimonitor dengan akurat, sehingga Pertamina bisa dengan cepat mengirimkan stok BBM jika terjadi lonjakan permintaan,” kata  Fajriyah.

Selama liburan tahun baru 2022, Pertamina menyiagakan infrastruktur distribusi energi meliputi 114 TBBM, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan lebih dari 7.400 SPBU.

Selain itu ada juga layanan khusus berupa 1.356 SPBU Siaga di jalur reguler, 65 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU dan 37 unit Pertashop atau SPBU modular.

Baca juga: Soal Wacana Subsidi Minyak Goreng, BPDP KS: Belum Ada Keputusan Komite Pengarah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com