Jadi Unicorn, Kopi Kenangan Targetkan Punya 1.000 Gerai di Tahun 2022

Kompas.com - 28/12/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi es kopi di Kopi Kenangan, (9/9/2019). SHUTTERSTOCK/BAGUSSATRIAIlustrasi es kopi di Kopi Kenangan, (9/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel di bidang makanan dan minuman (F&B), Kopi Kenangan, kian agresif melakukan ekspansi di tahun 2022 mendatang. Startup ritel F&B asal Indonesia ini menargetkan untuk memiliki total 1.000 gerai di Indonesia pada tahun depan.

PR Manager Kopi Kenangan Ruth Davina mengatakan, Kopi Kenangan juga berencana melebarkan sayapnya di kancah internasional. Pihaknya berharap Kopi Kenangan dapat membuka gerai pertama di luar Indonesia pada tahun 2022.

"Kami melihat bisnis F&B di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, masih memiliki pasar yang sangat besar," ujar Ruth, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Kopi Kenangan Jadi Unicorn Baru Indonesia Berkat Pendanaan Baru Rp 1,3 Triliun

Ruth tidak buka-bukaan lebih detail terkait target pendapatan dan laba di tahun 2022. Namun dia menyampaikan bahwa di tahun depan, Kopi Kenangan memiliki target untuk dapat menjual sebanyak 5,5 juta cups setiap bulannya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Kopi Kenangan baru saja mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai 96 juta Dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Melalui pendanaan ini, Kopi Kenangan telah menembus 1 miliar Dollar AS dan menempatkan diri sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Baca juga: Kopi Kenangan Resmi Jadi Unicorn, Siapa Sebenarnya Pendirinya?

Ruth menambahkan, dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana akan ekspansi Cerita Roti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia serta memperluas jaringan hingga merambah pasar internasional.

Adapun, hingga saat ini, Kenangan Brands sudah memiliki lebih dari 400 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

"Kenaikan gerai di 2021 sebesar 41 persen dr total gerai di 2020," tambah Ruth.

Dia juga mengklaim, Kopi Kenangan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

"Kami menargetkan penjualan 40 juta cups di akhir tahun," tuturnya. (Vina Elvira)

Baca juga: Pendiri Facebook Bakal Gabung ke Dewan Direksi Kopi Kenangan

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kian Ekspansif, Kopi Kenangan Targetkan Punya 1.000 Gerai di Indonesia pada 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.